Aplikasi Berbasis Web Fellas Cafe


laporan aplikasi berbasis web Fellas Caffe
interface Fellas Caffe

BAB I
PENDAHULUAN
   1.1    Latar Belakang

         Dengan dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi informasi, sudah seharusnya kita bisa mengelola data     secara efisien. Kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Di era globalisasi, tidak menguasai teknologi informasi identik dengan buta huruf. Kemampuan teknologi informasi dan multimedia dalam menyampaikan pesan dinilai sangat
besar kontribusinya . Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. 

 Contoh nya objek yang diambil yaitu “Aplikasi Berbasis Web Fellas Cafe” cafe tersebut membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pekerjaan pegawainya untuk pengelolaan laporan dan pengelolaan data yang ada. Sehingga dibuatkan aplikasi yang menyediakan beberapa pengolahan data untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada di cafe tersebut.


   1.2    Identifikasi Masalah
           Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang berada di Fellas Café :
           1.      Pengelolaan aplikasi yang masih sederhana
           2.      Pengolahan data masih rumit
           3.      Kesulitan Mengelola Laporan

   
    1.3    Batasan Masalah
Pada pembutan aplikasi ini kami hanya membahas tentang pengelolaan data laporan pemesanan, pengelolaan list bill pada kasir, dan belum ada menu pembayaran, hal dikarenakan tidak semua orang mempunyai kartu kredit.

    1.4    Tujuan dan Manfaat

           A.    Tujuan
       Tujuan kami membuat apliaksi ini adalah dalam pengelolaan data untuk mempermudah pekerjaan admin, kasir, dan waiters agar dalam mengelola data tidak lagi secara manual melainkan dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi. Dan juga mempermudaj para pelanggan dalam melakukan pemesanan melalui aplikasi berbasis web ini.

B.    Manfaat
       Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah pengelolaan data cafe sehingga semua aktivitas yang dilakukan di Fellas Cafe tersebut menjadi lebih cepat dan mudah.

BAB  II
PEMBAHASAN

    2.1    Pengertian Aplikasi
Menurut Hengky W. Pramana (2003:24) aplikasi adalah satu unit perangat lunak yang dibuat untuk  melayani kebutuhan beberapa aktifitas seperti perniagaan, game, pelayanan masyarakat, periklanan atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.
Menurut wikipedia aplikasi (bahasa Inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang yang berguna untuk membantu melayani beberapa kebutuhan aktifitas manusia dengan memanfaatkan kemampuan komputer.Vi.

           2.2  Pengertian Web
Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.[1] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai WWW atau World Wide Web. 

2.3   Pengertian Kafe
  Suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.Cafetaria atau Café adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. 

BAB III
DOKUMENTASI APLIKASI
3.1   Use Case Diagram
        Use case adalah abstraksi dari interaksi antara system dan actor ( peran ). Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe interaksi antara user sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai dan konstruksi untuk mendeskripsikan bagaimana system akan terlihat di mata user. Pada use case diagran aplikasi berbasis web ini terdapat 3 elemen sebagai berikut :  
1.    Admin
Dalam sistem ini admin sebagai pengelola database dapat melakukan input data ,delete data , ataupun update informasi.
2.    Kasir
Dalam sistem ini kasir sebagai pengelolaan transaksi yang sudah masuk dengan membuat laporan transaksi yang ada.
3.    Waiters / karyawan / pelayan
Dalam sistem ini waiters atau pelayan bertugas melayani para tamu yang hadir pada Fellas Caffe dan mencetak apa saja yang dipesan oleh tamu baik itu makan ataupu minuman.

3.2   Dokumentasi Aplikasi

Pada beberapa screenshot ini dapat dilihat beberapa bagian tampilan pada aplikasi berbasis web “ Fellas Caffé “ :



Tampilan interface pelanggan

Tampilan Log in



Tampilan bagian Admin Karyawan ( Pesanan )
Tampilan admin (edit  input menu )



Tampilan admin edit menu makanan dan minuman

Tampilan admin ( membuat laporan )


Tampilan database pada Fellas Caffe




Tampilan contoh output laporan ( data transaksi ) versi PDF



BAB IV
PENUTUP
   4.1    Kesimpulan
        Pada aplikasi Fellas Café yang berbasis web ini dapat memudahkan pengelolaan database bagi pihak admin ataupun karyawan Fellas Café, sehingga diharapkan aplikasi ini bisa membuat para pelanggannya lebih mudah dalam melakukan pemesanan dan juga admin aplikasi ini bisa dengan mudah membuat laporan dan pesanan yang diterima

   4.2     Saran
         Untuk terciptanya sebuah aplikasi yang baik dalam penggunaannya, maka dibutuhkan kerjasama dalam pembuatannya. Semoga aplikasi ini dapat bisa dikembangkan dan diperbaiki kedepannya, karena aplikasi berbasis web ini belum total semuanya sempurna, jadi mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pembuatannya



DAFTAR PUSTAKA


https://itamilandarikhotimah.wordpress.com/my-collection-d/kumpulan-ti/perkembangan-ti/
http://www.aingindra.com/perkembangan-teknologi-informasi.html
http://aa-udien.blogspot.com/2012/01/pengertian-pengolahan-data.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kafe
http://noviastutik.blogspot.com/2012/09/diagram-diagram-dalam-uml-unified_24.html
0 Komentar untuk "Aplikasi Berbasis Web Fellas Cafe"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info