google.com, pub-9922355301914235, DIRECT, f08c47fec0942fa0 APLIKASI PEMESANAN PENGINAPAN DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND C++ - Tutorial Kampus
Banner IDwebhost

APLIKASI PEMESANAN PENGINAPAN DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND C++

LAPORAN AKHIR
PRAKTIKUM ALGORITMA DAN DASAR  PEMROGRAMAN
APLIKASI PEMESANAN PENGINAPAN
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan Mata Kuliah Dan
Praktikum Algoritma Dan Dasar Pemrograman



Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan laporan akhir ini. Tidak lupa shalawat serta salam sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat dunia. Dengan ucapan Alhamdulillah penulis dapat menyelesaikan sebuah laporan akhir yang berjudul “Aplikasi Pemesanan Penginapan”. Laporan akhir ini ditujukan untuk memenuhi syarat tugas akhir praktikum Algoritma dan Dasar Pemrograman.
Dalam penyususnan laporan akhir ini, penulis merasakan begitu banyak bantuan moril seperti do’a dan motivasi materil dari berbagai pihak sehingga laporan akhir ini dapat terselesaikan pada waktunya. Bantuan baik moril maupun materil yang tak terhingga jumlahnya mudah-mudahan menjadi berkah dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
Allah SWT yang berkat ridha dan kehendak-Nya, karena mampu menyelesaikan Laporan Akhir ini.
Kedua orang tua, yang selalu mengingatkan target hidup yang harus dicapai dan selalu memberikan kasih sayang dan pengertian yang tak terhingga.
Yang terhormat, Bapak Yopi Hidayatul Akbar. Selaku dosen Praktikum Algoritma dan Dasar Pemrograman, yang banyak telah membimbing dalam penyelesaian Laporan Akhir ini.
Kawan-kawan yang telah mau menemani dalam membuat tulisan ini dan kepada semua pihak yang telah menbantu pembuatan Laporan Akhir ini dari awal sampai akhir.
Laporan akhir ini telah dibuat dengan sebaik-baiknya agar menjadi laporan yang sempurana. Namun penulis sadar masih banyak kekurangan yang terdapat pada laopran ini. Maka dari itu tak lupa, penulis juga mengharapkan dan mengucapkan banyak terimakasih terhadap kritik dan saran yang membangun terhadap karya tulis ini. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat di masa yang akan datang.
Akhirnya penulis ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan akhir ini. Hanya do’a yang dapat penulis panjatkan semoga Allah SWT membalas kebaikan mereka. Aamiin

                                                                                                                                                                              



Sumedang, Desember  2016


BAB I
PENDAHULUAN

1.1                   Tujuan Pembuatan Program

            Kemajuan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada pengembangan teknologi informasi merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dunia saat ini. Komputer menjadi salah satu alat pengolahan data wajib dimiliki oleh suatu perusahaan atau instansi untuk memperlancar informasi komputer juga. Dengan adanya informasi saat ini memungkinkan bagi perusahaan atau instansi menggunakan teknologi komputer sebagai alat untuk melakukan proses penyimpanan, pengolahan, ataupun  pembuatan laporan.
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Namun di era globalisasi sekarang masih banyak perusahaan yang menggunakan sistem pelayanan dan perhitungan secara manual, menjadikan proses pelayanan tidak efisien sehingga menghabiskan banyak waktu dan tenaga.. Maka dari itu perusahaan harus memikirkan bagaimana membuat proses tersebut menajdi lebih efisien dan efektif dengan cara pembuatan program yang bias memecahkan permasalahan tersebut.
Program adalah suatu proses iterative penulisan dan penyuntingan kode sumber sehingga membentuk sebuah program. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor. Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer.
Bentuk program ini memungkinkan programmer menganalisis serta melakukan penelaahan algoritma yang digunakan pada program tersebut. Kode sumber tersebut akhirnya dikompilasi dengan utilitas bahan pemograman tertentu sehingga membentuk sebuah program dengan bantuan interpreter suatu bahasa permograman. Adapun tujuan khusus dari pembuatan program aplikasi Pemesanan Penginapan adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mempemudah proses pemesanan kamar di suatu penginapan.
2.      Untuk mempermudah dalam transaksi pada saat pembayaran.

1.2              Manfaat Pembuatan Program

Keuntungan belajar C/C++ luar biasa banyak.
Pertama, dengan belajar bahasa C/C++, berpindah ke bahasa pemrograman lain akan menjadi sangat mudah, dan ini tidak terjadi sebaliknya, karena C/C++ memiliki konsep dan style pemrograman yang paling umum dan menyeluruh yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lain
Kedua, C/C++ adalah bahasa yang dipakai sebagian para programmer di seluruh dunia untuk meng-coding program yang mereka buat. Apabila Anda belajar C/C++ kemudian dikombinasikan dengan sering-sering membuat program dan membaca program yang open-source (bebas dilihat source-code nya) dan kemudian ikut bergabung dengan proyek-proyek open-source, maka kemungkinan besar dalam waktu 4 tahun Anda akan menjadi salah satu programmer top di Indonesia bahkan di Dunia.
Ketiga, C/C++ adalah bahasa sistem operasi. Apabila Anda menggunakan sebuah komputer, tentunya di dalam komputer itu ada sebuah sistem operasi entah itu Windows, GNU/Linux, UNIX, Mac-OS, Solaris, atau yang lainnya. Ingatlah bahwa semua sistem operasi itu ditulis (dibuat, di-coding) dengan bahasa C/C++. Jadi, apabila Anda menguasai betul bahasa C/C++, maka Anda menguasai betul sistem operasi. Dan, apabila Anda menguasai betul sistem operasi, maka tidak ada hal yang sulit dalam urusan berkomputer bagi Anda, apapun masalah yang Anda temui.
Keempat, driver-driver hardware yang biasa Anda pakai hampir semuanya diprogram dengan C/C++ dengan campuran assembly di dalamnya.
Adapun manfaat khusus dari pembuatan program pemesanan penginapan adalah sebagai berikut:
1.      Mempermudah hitungan agar lebih akurat
2.      Meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam penginputan data pemesan
3.      Mempercepat pelayanan dan pemrosesan pesanan

1.3                     Tahap Pembuatan Program

Dalam membuat sebuah program setidaknya memerlukan tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Hal tersebut terdiri dari lima tahapan, diantaranya sebagai berikut.
1.     a.  Defining The Problem
Masalah disini adalah kompenan apa saja yang diperlukan agar program  jalan dan di dikenal dengan masukan inputnya , mendefinisikan apa yang nanti akan dilakukan oleh program dan bagaimana keluaran dari program yang kita harapkan. Pada tahap ini juga dikenal requirement analysis atau menganalisa kebutuhan.
2.     b.  Planning and Desain sistem
Pada tahap ini adalah medefinisikan Iangkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh program dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Bentuk dan perencanaan itu bisa berupa flowchart ataupun algoritma dan program, sehingga kita akan tahu proses apa saja yang ada dalam program tersebut semakin detail flowchart atau algoritma yang dibuat semakin mudah juga pada tahap implementasi/coding nantinya.
Flowchart adalah suatu diagram yang menggunakan simbol-simbol khusus yang sudah menjadi standard Internasional yang berisi langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah, sedangkan algoritma bukan merupakan simbol tapi keterangan-keterangan yang sesuai dengan keinginan kita, tidak ada  standarnya. Oleh karena Itu flowchart biasa juga disebut sebagai algonitma dalam bentuk simbol-simbol khusus yang dihubungkan dengan anak panah.
Membuat flowchart terlebih dahulu akan lebih menghemat waktu daripada langsung melakukan coding sambil mencobanya atau juga di debug.Pada saat mencoba akan menghabiskan waktu ketika mengimplementasikan koding ,juga harus merubah  koding yang Iumayan banyak. Karena itu, biasakan membuat flowchart terlebih  dahulu sebelum memecahkan suatu masalah.
3.     c.  Programming
Kini saatnya Anda menulis program, tahap ini juga mencakup tahap perbaikan error dan testing. Menulis program dengan terstruktur dan sesuai dengan flowchart yang telah kita buat.
4.     d.  Documentation
Setelah coding selesai, sangat disarankan bagi Anda untuk membuat semacam dokumentasi. Tambahkan komentar-komentar pada program yang anda buat dan bukukan program yang akan anda buat. Hal ini akan bermanfaat jika anda sudah membuat program yang begitu banyak, sehingga bila nanti kita sedang membutuhkan sesuatu yang memerlukan program kita dapat dengan mudah membuatnya dan kita simpan untuk sewaktu-waktu kita gunakan  (mungkin  bertahun-tahun kemudian) jika anda ingin mengambil sebagian dari code program anda yang lama untuk disisipkan pada program Anda yang baru. Bayangkan jika anda tidak membuat dokumentasi, waktu Anda akan sangat terbuang dengan menelusuri program-program lama anda satu-persatu.
5.      e. Testing
a.      Unit Testing
Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut.
b.      Integration Testing
Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstal di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sistem yang lain seperti halnya dengan database.
c.       Validation Testing
Menguji masukkan yang diberikan kepada program. Apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
d.      Sistem Testing
Pada tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan kondisi-kondisi tertentu bagaimana?
6.     f.  Operasional dan Maintenance
Pada tahap ini sebenarnya bagaimana program yang telah kita buat dan testing ini bekerja sebagaimana mestinya, update program, menyelesaikan bug yang tidak ditemukan pada saat testing, serta pengembangan yang dapat dilakukan dengan program tersebut.


Gambar 1.3 Tahapan Pembuatan Program




BAB II
PROSES BISNIS DAN SPESIFIKASI PROGRAM

2.1            Deskripsi Proses Bisnis

            Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai macam penginapan mulai dari villa, hotel sampai dengan wisma. Setiap penginapan menawarkan berbagai fasilitas yang berbeda-beda dan menarik untuk memikat setiap orang yang hendak akan menginap. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda dari standard hingga maksimum.

2.2                 Pemrosesan Data 

            Dalam pelayan bisnis ini masih menggunakan cara manual dimana pemesanan yang dilakukan langsung di bagian resepsionist dan perghitungan dilakukan oleh admin. Pelayanan dimulai dari pemesan pergi ke hotel untuk mengecek dan memesan kamar, lalu setelah itu pembeli melakukan transaksi pembayaran. Kemudian chek-in dan memasuki kamar.

2.3                   Spesifikasi Program

            Kelompok pengguna dari program ini terbagi menjadi 1 pengguna yaitu pemesan penginapan. Dimana pemesan akan melihat daftar penginapan sekaligus memesan dan menginput data penginapan. Pemesan juga bisa langsung melakukan pembayaran ketika selesai menginput data penginapan.
PENGGUNA
KEGUNAAN
FUNGSI
Pemesan
Untuk memilih penginapan sekaligus melakukan transaksi pembayaran.
Untuk mempermudah dalam memilih penginapan.
Untuk mempermudah dalam melakukan transaksi pembayaran.




BAB III
RANCANGAN PROGRAM

3.1.           STRUKTUR MENU


Gambar 3.1 Struktur Menu
Penjelasan Struktur Menu:
1.      1. Level 1, terdiri dari 3 menu pilihan yang terdiri dari:
1.      Menu 1
2.      Menu 2
3.      Menu 3
2.      2. Level 2, merupakan percabangan pertama dari level 1 pada setiap menu.
3.      3. Level 3, merupakan percabangan kedua dari level 2 pada setiap menu.
4.      4. Level  4, merupakan percabangan dari level 3 pada setiap menu dimana terjadi nya suatu proses yang ada input,       proses dan output.

3.2  FLOWCHART  INDUK


Gambar 3.2 Flowchart Induk

Penjelasan Flowchart Induk terdiri dari:
1.        Mulai
Aplikasi program dimulai
2.        Konstanta
Konstanta ini terdiri dari:
Harga masing-masing penginapan
Administrasi
3.        Input
Input ini terdiri dari:
Nama, Kode Kamar, Lama Menginap
4.        Sub proses Transaksi
Dari masing-masing sub proses ini setiap penginapan ini, pemesan akan langsung memasukkan data dan langsung melakukan transaksi.
5. Output ini terdiri dari:
Tipe kamar, Lama menginap, Souvenir, Biaya Sewa, Biaya Administrasi, Total, Uang Bayar, Uang Kembali.

3.3  FLOWCHART  TRANSAKSI VILLA



Gambar 3.3 Flowchart Transaksi VILLA

Penjelasan Flowchart Transaksi VILLA terdiri dari:
1.        Sub Proses Transaksi VILLA
Disini ada tiga jenis vila dan masing-masing vila dijelaskan bagaimana cara pemesan memasukkan data sekaligus menghitung jumlah harga yang harus dibayar oleh pemesan.
2.        Pemilihan Kode VILLA
Disini terdapat 3 pemilihan, yaitu kode 1, kode 2, kode 3, Proses Menghitung Harga penginapan
Setelah memilih jenis kamar secara otomatis Harga setiap villa akan muncul setelah pemesan mengklik tombol Hasil.
3.        Decision
Disini pemesan akan ditanya apakah ia akan menginap lebih dari sama dengan 7 hari
ü  Jika “Ya” maka pemesan akan mendapat souvenir payung cantik.
ü  Jika “Tidak” maka pemesan tidak akan mendapat souvenir.
4.        Proses Menghitung Harga Total
Setelah pelanggan mengisi semua data, maka Harga Total dapat dihitung.
5.        Proses Menghitung Uang Kembali
Proses ini adalah proses perhitungan Uang kembali, yaitu Total dikurangi Uang Bayar yang sudah diisikan oleh pemesan di awal.


3.4  FLOWCHART TRANSAKSI HOTEL


Gambar 3.4  Flowchart Transaksi HOTEL
Penjelasan Flowchart Transaksi HOTEL terdiri dari:

       1. Sub Proses Transaksi HOTEL

Disini muncul tiga jenis pilihan hotel dan masing-masing hotel dijelaskan bagaimana cara pemesan memasukkan data sekaligus menghitung jumlah harga yang harus dibayar oleh pemesan.
2. Pemilihan Kode Kamar

Disini terdapat 3 pemilihan, yaitu kode 1, kode 2, kode 3, Proses Menghitung Harga penginapan
Setelah memilih jenis kamar secara otomatis Harga setiap kamar akan muncul setelah pemesan mengklik tombol Hasil.
3.                  3. Decision
Disini pemesan akan ditanya apakah ia akan menginap lebih dari sama dengan 7 hari
ü  Jika “Ya” maka pemesan akan mendapat souvenir tas cantik.
ü  Jika “Tidak” maka pemesan tidak akan mendapat souvenir.
       4. Proses Menghitung Harga Total
Setelah pelanggan mengisi semua data, maka Harga Total dapat dihitung.
5.Proses Menghitung Uang Kembali
Proses ini adalah proses perhitungan Uang kembali, yaitu Total dikurangi Uang Bayar yang sudah diisikan oleh pemesan di awal.


3.5   FLOWCHART TRANSAKSI WISMA


Gambar 3.5  Flowchart Transaksi WISMA

Penjelasan Flowchart Transaksi WISMA terdiri dari:
1.                  1. Sub Proses Transaksi WISMA
Disini muncul tiga pilihan jenis wisma dan masing-masing wisma dijelaskan bagaimana cara pemesan memasukkan data sekaligus menghitung jumlah harga yang harus dibayar oleh pemesan.
2.                  2. Pemilihan Kode RANJANG
Disini terdapat 3 pemilihan, yaitu kode 1, kode 2, kode 3, Proses Menghitung Harga penginapan
Setelah memilih jenis kamar secara otomatis Harga setiap ranjang akan muncul setelah pemesan mengklik tombol Hasil.
3.                  3. Decision
Disini pemesan akan ditanya apakah ia akan menginap lebih dari sama dengan 7 hari
ü  Jika “Ya” maka pemesan akan mendapat souvenir payung cantik.
ü  Jika “Tidak” maka pemesan tidak akan mendapat souvenir.
       4.Proses Menghitung Harga Total
Setelah pelanggan mengisi semua data, maka Harga Total dapat dihitung.
       5. Proses Menghitung Uang Kembali
Proses ini adalah proses perhitungan Uang kembali, yaitu Total dikurangi Uang Bayar yang sudah diisikan oleh pemesan di awal.

3.6  FLOWCHART TRANSAKSI LOSMEN


Gambar 3.6 Flowchart Transaksi LOSMEN

Penjelasan Flowchart Transaksi LOSMEN terdiri dari:
1.                  1. Sub Proses Transaksi HOTEL BINTANG 3 JATINANGOR
Disini muncul tiga pilihan jenis losmen dan masing-masing losmen dijelaskan bagaimana cara pemesan memasukkan data sekaligus menghitung jumlah harga yang harus dibayar oleh pemesan.
2.                  2. Pemilihan Kode Ranjang
Disini terdapat 2 pemilihan, yaitu kode 1, kode 2. Proses Menghitung Harga penginapan
Setelah memilih jenis kamar secara otomatis Harga setiap ranjang akan muncul setelah pemesan mengklik tombol Hasil.
3.                 3.  Decision
Disini pemesan akan ditanya apakah ia akan menginap lebih dari sama dengan 7 hari
ü  Jika “Ya” maka pemesan akan mendapat souvenir payung cantik.
ü  Jika “Tidak” maka pemesan tidak akan mendapat souvenir.
       4. Proses Menghitung Harga Total
Setelah pelanggan mengisi semua data, maka Harga Total dapat dihitung.
      5. Proses Menghitung Uang Kembali
Proses ini adalah proses perhitungan Uang kembali, yaitu Total dikurangi Uang Bayar yang sudah diisikan oleh pemesan di awal.

3.7  FLOWCHART TRANSAKSI RESORT


Gambar 3.7 Flowchart Transaksi RESORT

Penjelasan Flowchart Transaksi RESORT  terdiri dari:
1.                  1. Sub Proses Transaksi RESORT
Disini muncul dua jenis resort dan masing-masing resort dijelaskan bagaimana cara pemesan memasukkan data sekaligus menghitung jumlah harga yang harus dibayar oleh pemesan.
2.                  2. Pemilihan Kode Kamar
Disini terdapat 3 pemilihan, yaitu kode 1, kode 2, kode 3.  Proses Menghitung Harga penginapan
Setelah memilih jenis kamar secara otomatis Harga setiap kamar akan muncul setelah pemesan mengklik tombol Hasil.
3.                  3. Decision
Disini pemesan akan ditanya apakah ia akan menginap lebih dari sama dengan 7 hari
ü  Jika “Ya” maka pemesan akan mendapat diskon 20%.
ü  Jika “Tidak” maka pemesan tidak akan mendapat diskon.
       4. Proses Menghitung Harga Total
Setelah pelanggan mengisi semua data, maka Harga Total dapat dihitung.
       5. Proses Menghitung Diskon
Yaitu harga total sewa*20%, total yaitu total sewa dikurangi diskon
       6. Proses Menghitung Uang Kembali
Proses ini adalah proses perhitungan Uang kembali, yaitu Total dikurangi Uang Bayar yang sudah diisikan oleh pemesan di awal.

BAB IV
PROGRAM

4.1         Perangkat Lunak Pemograman

Borland C/C++ adalah bahasa pemrograman yang elegan, dan bebas. Misalnya, C/C++ tidak mengharuskan kita untuk memisahkan satu kalimat dengan kalimat lain dengan carriage return. Tetapi dengan tanda semicolon(;).
Alasan menggunakan aplikasi Borland C/C++ karena banyak kebebasan dalam menggunakan bahasa ini dibanding dengan bahasa pemrograman lain misalnya Visual Basic atau Delphi.

4.2              Antarmuka Program

1.      1. Jenis-Jenis Penginapan



Gambar 4.1 Tampilan 1
Menampilkan jenis-jenis penginapan yang terdiri dari 3 menu pilihan penginapan.

2.      2. Tampilan Selanjutnya


Gambar 4.2  Tampilan 2

Menampilkan pilihan dari menu yang dipilih pada tampilan 1.
3.      3. Tampilan Selanjutnya




Gambar 4.3 Tampilan 3
Menampilkan kelanjutan menu dari yang dipilih tampilan 2.
Sekaligus memasukan input data pemesan yang akan menginap.
4.      4. Tampilan Input  Output




Gambar 4.4  Tampilan 4

Menampilkan hasil input dan output yang telah diproses

4.3              Kode Program

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
void main()
{
char cust [50], tipe [10], bonus [50], kode, x;
int lama, harga, sewa, cash, total, totalsewa, kembali, administrasi, u,pil,diskon;
awal:clrscr();
cout<<""<<endl;
cout<<" **** TUGAS BESAR PRAKTEK ALGORITMA DAN DASAR PEMROGRAMAN **** "<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS PENGINAPAN <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. VILLA "<<endl<<endl;
cout<<"  2. HOTEL "<<endl<<endl;
cout<<"  3. WISMA "<<endl<<endl;
cout<<"  4. LOSMEN "<<endl<<endl;
cout<<"  5. RESORT "<<endl<<endl;
cout<<"PILIH PENGINAPAN: ";
cin>>pil;
cout<<endl;
switch (pil)
{
case 1:
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** VILLA **** "<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS VILLA <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. VILLA CEMPAKA PUNCAK "<<endl<<endl;
cout<<"  2. VILLA MAWAR BANDUNG "<<endl<<endl;
cout<<"  3. VILLA MELATI BOGOR "<<endl<<endl;

cin>>u;
clrscr();
if(u==1)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** VILLA CEMPAKA  PUNCAK ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS JENIS VILLA CEMPAKA PUNCAK <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. VIP       Rp.2000000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. REGULER   Rp.1500000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. EKONOMI   Rp.1000000"<<endl<<endl;endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"VILLA CEMPAKA PUNCAK"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode VILLA [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'v':
case '1':
strcpy (tipe, "VIP");
 harga=2000000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "REGULER");
 harga=1500000;
break;

case 'e':
case '3':
strcpy (tipe, "EKONOMI");
 harga=1000000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto bawah;
}
{
cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=7)
{
strcpy (bonus, "Payung Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=200000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"VILLA   CEMPAKA   PUNCAK"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode VILLA[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe VILLA\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
bawah:
}
}
else

if(u==2)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** VILLA MAWAR BANDUNG ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS JENIS VILLA MAWAR BANDUNG <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. VIP       Rp.1500000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. REGULER   Rp.1250000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. EKONOMI   Rp.1000000"<<endl<<endl;endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;


cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"VILLA   MAWAR   BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode VILLA [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'v':
case '1':
strcpy (tipe, "VIP");
 harga=1500000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "REGULER");
 harga=1250000;
break;

case 'e':
case '3':
strcpy (tipe, "EKONOMI");
 harga=1000000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto down;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=7)
{
strcpy (bonus, "Payung Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=200000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"VILLA MAWAR BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode VILLA[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe VILLA\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
down:
}

else
if(u==3)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** VILLA MELATI BOGOR ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS JENIS VILLA MELATI BOGOR <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. VIP       Rp.1500000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. REGULER   Rp.1250000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. EKONOMI   Rp.1000000"<<endl<<endl;endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"VILLA   MELATI    BOGOR"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode VILLA [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'v':
case '1':
strcpy (tipe, "VIP");
 harga=1500000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "REGULER");
 harga=1250000;
break;

case 'e':
case '3':
strcpy (tipe, "EKONOMI");
 harga=1000000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto d;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=7)
{
strcpy (bonus, "Payung Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=200000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"VILLA MELATI  BOGOR"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode VILLA[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe VILLA\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
d:
}
break;
case 2:
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** HOTEL **** "<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS HOTEL <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. HOTEL BINTANG 3 JATINANGOR "<<endl<<endl;
cout<<"  2. HOTEL BINTANG 4 HARIS BANDUNG "<<endl<<endl;
cout<<"  3. HOTEL BINTANG 5 HILTON BANDUNG"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cin>>u;
clrscr();
if(u==1)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** HOTEL  BINTANG 3 JATINANGOR ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS JENIS KAMAR <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. DELUXE     Rp.1500000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. SUPERIOR   Rp.1250000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. STANDARD   Rp.900000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"HOTEL BINTANG   3   JATINANGOR"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Kamar [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'd':
case '1':
strcpy (tipe, "DELUXE ROOM");
 harga=1500000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "SUPERIOR ROOM");
 harga=1250000;
break;

case 's':
case '3':
strcpy (tipe, "STANDARD ROOM");
 harga=900000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto bwh;
}
{
cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=3)
{
strcpy (bonus, "Tas Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=150000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"HOTEL BINTANG 3 JATINANGOR"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Kamar[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Kamar\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
bwh:
}
}
else
if(u==2)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** HOTEL BINTANG 4 HARIS BANDUNG ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS KAMAR <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. DELUXE     Rp.2500000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. SUPERIOR   Rp.1800000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. STANDARD   Rp.1200000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"HOTEL BINTANG 4 HARIS BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Kamar [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'd':
case '1':
strcpy (tipe, "DELUXE ROOM");
 harga=2500000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "SUPERIOR ROOM");
 harga=1800000;
break;

case 's':
case '3':
strcpy (tipe, "STANDARD ROOM");
 harga=1200000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto w;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=3)
{
strcpy (bonus, "Tas Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=300000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"HOTEL BINTANG 4 HARIS BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Kamar[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Kamar\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
w:
}

else
if(u==3)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** HOTEL BINTANG 5 HILTON BANDUNG ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS JENIS KAMAR <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. DELUXE     Rp.3500000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. SUPERIOR   Rp.2200000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. STANDARD   Rp.1700000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"HOTEL BINTANG 5 HILTON BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Kamar [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'd':
case '1':
strcpy (tipe, "DELUXE ROOM");
 harga=3500000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "SUPERIOR ROOM");
 harga=2200000;
break;

case 's':
case '3':
strcpy (tipe, "STANDARD ROOM");
 harga=1700000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto h;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=3)
{
strcpy (bonus, "Tas Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=350000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"HOTEL BINTANG 5 HILTON BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Kamar[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Kamar\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
h:
break;
case 3:
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** WISMA **** "<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS WISMA <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. WISMA GIARNI BANDUNG "<<endl<<endl;
cout<<"  2. WISMA PUTRA BOGOR "<<endl<<endl;
cout<<"  3. WISMA AGUNG BEKASI "<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cin>>u;
clrscr();
if(u==1)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** WISMA GIARNI BANDUNG ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JUMLAH RANJANG <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. SINGLE   Rp.200000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. TWIN     Rp.350000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. FAMILY   Rp.600000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"WISMA GIARNI BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Ranjang [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 's':
case '1':
strcpy (tipe, "SINGLE ROOM");
 harga=200000;
break;

case 't':
case '2':
strcpy (tipe, "TWIN ROOM");
 harga=350000;
break;

case 'f':
case '3':
strcpy (tipe, "FAMILY ROOM");
 harga=600000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto z;
}
{
cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=7)
{
strcpy (bonus, "Payung Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=100000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"WISMA  GIARNI  BANDUNG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Ranjang[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Ranjang\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
z:
}
}
else
if(u==2)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** WISMA PUTRA BOGOR ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JUMLAH RANJANG <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. SINGLE   Rp.300000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. TWIN     Rp.550000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. FAMILY   Rp.900000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"WISMA PUTRA BOGOR"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Ranjang [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 's':
case '1':
strcpy (tipe, "SINGLE ROOM");
 harga=300000;
break;

case 't':
case '2':
strcpy (tipe, "TWIN ROOM");
 harga=550000;
break;

case 'f':
case '3':
strcpy (tipe, "FAMILY ROOM");
 harga=900000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto t;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=7)
{
strcpy (bonus, "Payung Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=150000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"WISMA PUTRA BOGOR"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Ranjang[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Ranjang\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
t:
}
else
if(u==3)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** WISMA AGUNG BEKASI ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JUMLAH RANJANG <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. SINGLE   Rp.200000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. TWIN     Rp.350000"<<endl<<endl;
cout<<" 3. FAMILY   Rp.600000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"WISMA AGUNG BEKASI"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Ranjang [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 's':
case '1':
strcpy (tipe, "SINGLE ROOM");
 harga=200000;
break;

case 't':
case '2':
strcpy (tipe, "TWIN ROOM");
 harga=350000;
break;

case 'f':
case '3':
strcpy (tipe, "FAMILY ROOM");
 harga=600000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto o;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;
if(lama>=7)
{
strcpy (bonus, "Payung Cantik");
}
else
strcpy (bonus, "TIDAK DAPAT SOUVENIR");
clrscr();

administrasi=150000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"WISMA AGUNG BEKASI"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Ranjang[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Ranjang\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Souvenir\t\t:"<<bonus<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
o:
break;

case 4:
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** LOSMEN **** "<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS LOSMEN <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. LOSMEN YOGYAKARTA "<<endl<<endl;
cout<<"  2. LOSMEN JAKARTA "<<endl<<endl;
cout<<"  3. LOSMEN MALANG "<<endl<<endl;

cin>>u;
clrscr();
if(u==1)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** LOSMEN YOGYAKARTA ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JUMLAH RANJANG <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. SINGLE   Rp.750000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. TWIN     Rp.1250000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"LOSMEN YOGYAKARTA"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Ranjang [1/2]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 's':
case '1':
strcpy (tipe, "SINGLE ROOM");
 harga=75000;
break;

case 't':
case '2':
strcpy (tipe, "TWIN ROOM");
 harga=125000;
break;

default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto s;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;

administrasi=25000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"LOSMEN YOGYAKARTA"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Ranjang[1/2]\t\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Ranjang\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
s:
}
else
if(u==2)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** LOSMEN JAKARTA ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JUMLAH RANJANG <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. SINGLE   Rp.100000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. TWIN     Rp.150000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"LOSMEN JAKARTA"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Ranjang [1/2]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 's':
case '1':
strcpy (tipe, "SINGLE ROOM");
 harga=100000;
break;

case 't':
case '2':
strcpy (tipe, "TWIN ROOM");
 harga=150000;
break;

default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto i;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;

administrasi=25000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"LOSMEN JAKARTA"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Ranjang[1/2]\t\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Ranjang\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
i:
}
else
if(u==3)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** LOSMEN MALANG ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JUMLAH RANJANG <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<" 1. SINGLE   Rp.850000"<<endl<<endl;
cout<<" 2. TWIN     Rp.150000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"LOSMEN JAKARTA"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode Ranjang [1/2]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 's':
case '1':
strcpy (tipe, "SINGLE ROOM");
 harga=850000;
break;

case 't':
case '2':
strcpy (tipe, "TWIN ROOM");
 harga=150000;
break;

default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto c;
}

cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;

administrasi=25000;
sewa=lama*harga;
total=administrasi+sewa;

cout<<"LOSMEN MALANG"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode Ranjang[1/2]\t\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Ranjang\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
c:
}
break;

case 5:
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** RESORT **** "<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS RESORT <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. RESORT BALI "<<endl<<endl;
cout<<"  2. RESORT LOMBOK "<<endl<<endl;

cin>>u;
clrscr();
if(u==1)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** RESORT BALI ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS RESORT BALI <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. AYANA RESORT   Rp. 3500000"<<endl<<endl;
cout<<"  2. BULGARI RESORT Rp. 5000000"<<endl<<endl;
cout<<"  3. KOMANEKA BALI  Rp. 6000000"<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"RESORT BALI"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode RESORT [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'v':
case '1':
strcpy (tipe, "AYANA RESORT");
 harga=3500000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "BULGARI RESORT");
 harga=5000000;
break;

case 'e':
case '3':
strcpy (tipe, "KOMANEKA BALI");
 harga=6000000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto b;
}
{
cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;

administrasi=400000;
sewa=lama*harga;
totalsewa=administrasi+sewa;


if(lama>=7)
{
diskon=totalsewa*20/100;
}
else
diskon=0;
clrscr();

total=totalsewa-diskon;


cout<<"RESORT BALI"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode RESORT[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe RESORT\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"DISKON\t\t\t:"<<diskon<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
b:
}
}
else
if(u==2)
{
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" **** RESORT LOMBOK ****"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" >>>> JENIS-JENIS RESORT LOMBOK <<<< "<<endl<<endl<<endl;
cout<<"  1. SVARGA RESORT      Rp.3500000 "<<endl<<endl;
cout<<"  2. SENGGIGI RESORT    Rp.5000000 "<<endl<<endl;
cout<<"  3. LIVING ASIA RESORT Rp.6000000 "<<endl<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;

cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"RESORT LOMBOK"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:";
gets(cust);
cout<<"Kode RESORT [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case 'v':
case '1':
strcpy (tipe, "SVARGA RESORT");
 harga=3500000;
break;

case 'r':
case '2':
strcpy (tipe, "SENGGIGI RESORT");
 harga=5000000;
break;

case 'e':
case '3':
strcpy (tipe, "LIVING ASIA RESORT");
 harga=6000000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto r;
}
{
cout<<"Lama Menginap\t\t:";
cin>>lama;

administrasi=400000;
sewa=lama*harga;
totalsewa=administrasi+sewa;


if(lama>=7)
{
diskon=totalsewa*20/100;
}
else
diskon=0;
clrscr();

total=totalsewa-diskon;

cout<<"RESORT LOMBOK"<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama Penyewa\t\t:"<<cust<<endl;
cout<<"Kode RESORT[1/2/3]\t:"<<kode<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe RESORT\t\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Lama Menginap\t\t:"<<lama;
cout<<" hari"<<endl;
cout<<"DISKON\t\t\t:"<<diskon<<endl;
cout<<"Biaya Sewa\t\t:"<<sewa<<endl;
cout<<"Biaya Administrasi\t:"<<administrasi<<endl;
cout<<"Total Biaya Sewa\t:"<<total<<endl;
cout<<"-----------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-total;
cout<<"Uang Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
r:
getch();
}
}
}
}
}
cout<<""<<endl;
cout<<"KEMBALI KE MENU AWAL (Y/T) :";
cin>>x;
clrscr();
if(x=='y' || x=='y')
goto awal;
else
getch();
}


BAB V
PANDUAN PENGGUNA PROGRAM

            Pada penggunaan program ini diperlukan panduan untuk menggunakannya, berikut langkah-langkah untuk menjalankan program tersebut:
1.      1. Pada saat muncul 3 menu pilihan yang terdiri dari:
1.      VILLA
2.      HOTEL
3.      WISMA
4.      LOSMEN
5.      RESORT
2.    2.  Pada saat muncul 3 menu pilihan lagi ketik yang sesuai dengan pilihan yang tampil saat menjalankan program sesuai dengan kehendak Anda.
3.    3. Namun pada saat anda memilih resort hanya ada 2 pilihan . Sama halnya ketik lagi sesuai dengan pilihan yang tampil saat menjlankan program sesuai kehendak anda.
4.    4. Pada saat muncul  menu pilihan lagi ketik yang sesuai dengan pilihan yang tampil saat menjalankan program sesuai dengan kehendak Anda
5.    5.  Setelah muncul form yang harus menginputkan data penginapan isi semua dan tekan enter.
6.   6. Kemudian muncul hasil data pemesan yang akan menginap dan form transaksi pembayaran , masukan jumlah  bayar dan tekan enter maka akan muncul kembalian jika anda membayar lebih dari total yang harus dibayar.
7.    7.  Jika setelah selesai dan akan kembali ke menu awal ketik “y”,  dan sebaliknya.

BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

7.1          Kesimpulan

Penginputan data penginapan oleh pemesan langsung memudahkan para pemesan dalam memesan kamar dan mengurangi kemungkingan kesalahan data orang yang akan menginap.
Pembuatan program ini  ditujukan untuk memudahkan pemesan dalam memesan kamar dan melakukan transaksi pembayaran. Diharapkan program ini dapat membantu beberapa kendala yang terjadi di setiap penginapan.

7.2          Saran

Program yang telah dibuat ini tidak dapat menyimpan data secara permanen yang telah dimasukan oleh pihak pemesan dikarenakan pada program ini tidak diterapkan sistem basis data. Kemungkinan kehilangan data sangatlah tinggi, karena penyimpanan hanya dilakukan pada saat program dijalankan,apabila program tersebut dihentikan maka data yang di input akan hilang. Maka, sebaiknya diterapka sistem basis data permanen agar tingkat kehilangan data dapat diminimalisir.
0 Komentar untuk "APLIKASI PEMESANAN PENGINAPAN DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND C++"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info