SIMULASI JARINGAN BANK MANDIRI KANTOR CABANG DKI JARAKRTA, KOTA BANDUNG, KAB. BANDUNG, KAB. SUMEDANG, KAB. CIREBON, KAB. BOGOR, KOTA BOGOR


Dalam pembuatan simulasi jaringan pada Bank Mandiri ini kita menggunakan beberapa perangkat diantaranya seperti :
  • 1 Cloud
  • 7 Server
  • 7 Router
  • 7 Switch
  • 7 PC

Untuk membuat simulasi jaringan ini perangkat yang kita gunakan adalah CISCO PACKET TRACER, karena dalam cisco packet tracer sudah tersedia peralatan fisik jaringan yang bisa memungkinkan mahasiswa untuk merancang jaringan dengan perangat yang jumlaha tak terbatas.

Langkah-langkah pembuatan jaringannya yaitu : 


Pertama kita membuat jaringan antar kota yaitu dengan menggunakan Cloud atau jaringan awan yang berfungsi sebagai penghubung setiap jaringan cabang.





Pada gambar ini Cloud di sambungkan dengan menggunakan kabel serial DTE pada setiap router yang ada  di masing-masing kota. Setelah semuanya tersambung pada router di masing-masing kota, sekarang tinggal menyambungkannya ke switch.


Kemudian dari switch bisa di sambungkan ke server dan ke PC, sehingga dapat terbentuk jaringan seperti pada gambar no.1 .
 























Lalu setelah itu kita harus mengatur config pada cloud atau jaringan awan supaya dapat terhubung pada masing-masing router di setiap kota. Dengan mengatur pada serial 1, serial 2, serial 3, serial 4, serial 5, serial 8, dan serial 9, caranya yaitu dengan cara memasukan data pada kolom DLCI dan Name.

Kemudian masukan data langsung kita klik ADD, seperti pada contoh gambar no. 3.


Dalam tahap ini kita harus mengatur ssetiap config pada masing-masing router, diantaranya yaitu dengan mengatur Static, FastEthernet0/0, Serial 2/0, dan CLI. Pada gambar tersebut kita akan mengatur Static terlebih dahulu dengan cara memasukan data kedalam kolom Network, Mask, Next Hop debagai alamat WAN. Setelah selesai maka langsung klik ADD.



Dalam gambar tersebut kita harus mengatur config FastEthernet0/0, dengan cara memasukkan data pada kolom IP Address dan Subnet Mask. Lalu setelah data di masukkan kemudian centang Port Status kolom ON.



Pada gambar ini pun kita harus mengatur dalam config serial2/0 dengan memasukkan data dalam IP Address dan Subnet Mask, kemudian centang pada Port Status kolom ON.
Pengaturan router ini yaitu agar bisa terhubung dengan server dan PC.
Lakukan pula hal serupa ada setiap router di masing-masing kota.
 



Pada gambar ini kita mengatur masing-masing server, yaitu dengan cara mengatur IP Configuration dengan memasukkan data IP Address, Subnet Mask, dan Default Gateway dalam Static. Lakukan hal yang serupa pada masing-masing server di setiap kota tersebut.



Lakukan hal yang sama seperti pada Server di pengaturan PC, yaitu dengan cara memasukkan data IP Address, Subnet Mask, dan Default Gateway dalam Static. Lakukan pada setiap pc di masing-masing kota.
Setelah pengaturan selesai, maksa coba di koneksikan antar PC ke PC, PC ke Server, PC ke Router, Server ke PC, Server ke Server dan Server ke Router seperti dibawah ini :

Test koneksi PC ke PC

Test koneksi dari PC ke Server




Test koneksi PC ke Router

Test koneksi dari Server ke PC

Test koneksi Server ke Server

Test koneksi Server ke Router


Kelompok 3  TI-4C  
Anggota          
  • Ai Sri Hidayanti        (A2.1500011)
  • Chandra                   (A2.1500025)
  • M.Fajar Ramdhani   (A2.1500062)

0 Komentar untuk "SIMULASI JARINGAN BANK MANDIRI KANTOR CABANG DKI JARAKRTA, KOTA BANDUNG, KAB. BANDUNG, KAB. SUMEDANG, KAB. CIREBON, KAB. BOGOR, KOTA BOGOR"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info