APLIKASI BOKING KAMAR HOTEL Dengan Java - Diky Rohman Baehaky

         Bissmilahirrohmanirrohim, dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat  Allah SWT,  yang  telah  melimpahkan  rahmat-NYA  sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ALGORITMA & Bahasa Pemrograman dan mampu menyelesaikan  tugas ini  tepat  pada  waktunya.
Adapun tujuan  pembuatan  makalah  ini  yaitu  untuk  memenuhi  salah satu  tugas dari mata kuliah ALGORITMA & Bahasa Pemrograman. Salah satu bidang yang ada di sekolah tinggi yaitu STMIK SUMEDANG dengan Prodi Manajement Informatika.

DAFTAR ISI


ABSTAK......................................................................................................................i
KATA PENGANTAR.................................................................................................ii
DAFTAR ISI..............................................................................................................iii
BAB I...........................................................................................................................1
     1.1 Latar Belakang..................................................................................................1
     1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................2
     1.3 Tujuan Pembahasaan.........................................................................................2
BAB II..........................................................................................................................3
     2.1 Flowchart...........................................................................................................3
     2.2 Penjelasan Program...........................................................................................4. i
.. 4
KESIMPULAN............................................................................................................6

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

         Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Karena dengan melakukan sebuah kegiatan pembelajaran ini maka individu tersebut akan dapat berkembang dengan baik.
         Ketika kita membicarakan tentang kegiatan pembelajaran ini maka kita mungkin akan langsung mengarahkan pandangan kita pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah.
         Terlintas pandangan kita, bagaimana kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut dapat berjalan dengan efektif?.
         Tentunya untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif ini memerlukan banyak komponen yang harus diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah mengenai tenaga pendidik, para peserta didik, media pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran dan perencanaan kegiatan pembelajaran.
         Komponen yang saya sebutkan tersebut masing-masing harus dapat digunakan secara maksimal agar proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan dengan efektif.
        Salah satu elemen terpenting dalam sebuah kegiatan pembelajaran adalah adanya sebuah perencanaan pembelajaran yang baik.
        Selama ini kita melihat pada kenyataan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, maka mungkin yang akan memenuhi benak kita adalah tentang bagaimana kekurang matangan perencanaan kegiatan pembelajaran di sekolah.
        Hal tersebut akhirnya mengakibatkan sebuah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tidak efektif. Dan akhirnya para peserta didik kurang dapat maksimal saat mengalami proses kegiatan pembelajaran di tempat tersebut.
       Berdasarkan contoh kasus tersebutlah maka sangat diperlukan sebuah perencanaan pembelajaran yang matang dan baik agar sebuah kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal.
       Dan hal ini bukan hanya perlu untuk diperhatikan oleh seorang yang bergerak dalam bidang pendidikan saja tetapi juga mencakup seluruh elemen yang terlibat di dalam sebuah kegiatan pembelajaran tersebut.
      Jika perencanaan kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan sebuah perencanaan pembelajaran yang benar-benar matang.
     






1.1  RUMUSAN MASALAH

Untuk pemesanan hotel secara manual membutuhkan waktu dan banyak berkas untuk menginput secara manual

1.2  Tujuan Pembahasan


            Tujuan di ciptakannya makalah ini adalah untuk menambah wawasan bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya, dan untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah yang ada di STMIK SUMEDANG.









BAB II

LANDASAN TEORI

1.1  Flowchart

 


 


1.1  Penjelasan Program

Aplikasi ini digunakan untuk memesan kamar hotel yang dimpilih daari type kamar, type ruangan serta lamanya menginap.
 

 


      Pertama saat masuk ke program, login dahulu  masukan username dan password yang telah ditentukan, apabila beda dengan  username dan password yang sudah di tentukan, maka tidak akan masuk ke menu selanjutnya.


 


      Ini adalah contoh script dari login yang di atas, dimana kita di suruh untuk memasukan username dan password apabila username dan password salah maka akan ada pemberitahuan "Login gagal!!!", dan di suruh memasukan lagi username dan password, dimana username dan password yang benarnya adalah "diky" dan password nya "12345".




Apabila sudah login dengan benar, maka akan disuruh memaukan NAMA , JENIS KELAMIN, MASUKAN ALAMAT EMAIL. 

 Script untuk Gambar yang di atas 



  
        Apabila sudah mengisi NAMA , JENIS KELAMIN, dan ALAMAT EMAIL, maka seterusnya di suruh untuk memilih type kamar sesuai kebutuhan.

     Script Gambar diatas apabila memasukan pilihan yang tidak ada pada menu type kamar maka akan ada pesan "Maukan Pilihan Yang Benar!!!",dan di suruh memasukan pilihan kembali.


     Script ini berfungsi untuk apabila memilih salah satu yang ada di menu maka outputnya sesuai dengan yaang kita pilih di menu, sebagai contoh kitaa memilih no.1 kamaa akan ada "Kamar Standar".


 Ini adalah hasil laporannya, yang mana nanti type kamar  + type ruangan * lama menginap, lamu masukan berapa Anda membayar, maka akan di kurang dengan jumlah yang tadi dan aka muncil kembaliannya.







   Scrip ini berfungsi untuk menanpilkan laporan dan menjumlahkan hasil dari harga type kamar + type ruangan * lama menginap 

     Script ini berfungsi untuk memasukan Berapa membayar lalu dikurangi dengan jumlah total dari penjumlahan harga type kamar + type ruangan * lama menginap, dan akan menghasilkan kembalian dari pengurangan antara berapa membayar di kurang jumlah total dari penjumlahan harga type kamar + type ruangan * lama menginap.


KESIMPULAN
      Java adalah salah satu aplikasi yaang digunakan untuk membuat sebuah program yang bisa menggunakan aplikasi NetBeans.




0 Komentar untuk "APLIKASI BOKING KAMAR HOTEL Dengan Java - Diky Rohman Baehaky"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info