Bissmilahirrohmanirrohim,
dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat
Allah SWT, yang telah
melimpahkan rahmat-NYA sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas
ALGORITMA & Bahasa Pemrograman dan mampu menyelesaikan tugas ini
tepat pada waktunya.
Adapun tujuan pembuatan
makalah ini yaitu
untuk memenuhi salah satu
tugas dari mata kuliah ALGORITMA & Bahasa Pemrograman. Salah satu
bidang yang ada di sekolah tinggi yaitu STMIK SUMEDANG dengan Prodi Manajement
Informatika.
DAFTAR ISI
ABSTAK......................................................................................................................i
KATA PENGANTAR.................................................................................................ii
DAFTAR ISI..............................................................................................................iii
BAB I...........................................................................................................................1
1.1 Latar Belakang..................................................................................................1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................2
1.3 Tujuan Pembahasaan.........................................................................................2
BAB II..........................................................................................................................3
2.1 Flowchart...........................................................................................................3
2.2 Penjelasan Program...........................................................................................4
KESIMPULAN............................................................................................................6
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kegiatan
pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap
individu. Karena dengan melakukan sebuah kegiatan pembelajaran ini maka
individu tersebut akan dapat berkembang dengan baik.
Ketika kita membicarakan tentang
kegiatan pembelajaran ini maka kita mungkin akan langsung mengarahkan pandangan
kita pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah.
Terlintas pandangan kita, bagaimana
kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut dapat berjalan dengan efektif?.
Tentunya untuk mendapatkan sebuah
kegiatan pembelajaran yang efektif ini memerlukan banyak komponen yang harus
diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah mengenai tenaga pendidik, para
peserta didik, media pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran
dan perencanaan kegiatan pembelajaran.
Komponen yang saya sebutkan tersebut
masing-masing harus dapat digunakan secara maksimal agar proses kegiatan
pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan dengan efektif.
Salah satu elemen terpenting dalam
sebuah kegiatan pembelajaran adalah adanya sebuah perencanaan pembelajaran yang
baik.
Selama ini kita melihat pada kenyataan
yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, maka mungkin yang akan
memenuhi benak kita adalah tentang bagaimana kekurang matangan perencanaan
kegiatan pembelajaran di sekolah.
Hal tersebut akhirnya
mengakibatkan sebuah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tidak efektif.
Dan akhirnya para peserta didik kurang dapat maksimal saat mengalami proses
kegiatan pembelajaran di tempat tersebut.
Berdasarkan contoh kasus tersebutlah
maka sangat diperlukan sebuah perencanaan pembelajaran yang matang dan baik
agar sebuah kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal.
Dan hal ini bukan hanya perlu untuk
diperhatikan oleh seorang yang bergerak dalam bidang pendidikan saja tetapi
juga mencakup seluruh elemen yang terlibat di dalam sebuah kegiatan
pembelajaran tersebut.
Jika
perencanaan kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik dan
menghasilkan sebuah perencanaan pembelajaran yang benar-benar matang.
1.1 RUMUSAN MASALAH
Untuk pemesanan hotel secara manual
membutuhkan waktu dan banyak berkas untuk menginput secara manual
1.2 Tujuan Pembahasan
Tujuan
di ciptakannya makalah ini adalah untuk menambah wawasan bagi penulis khususnya
dan bagi pembaca umumnya, dan untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah yang
ada di STMIK SUMEDANG.
BAB II
LANDASAN
TEORI
1.1 Flowchart
1.1 Penjelasan Program
Aplikasi ini
digunakan untuk memesan kamar hotel yang dimpilih daari type kamar, type
ruangan serta lamanya menginap.
Pertama saat masuk ke
program, login dahulu masukan username
dan password yang telah ditentukan, apabila beda dengan username dan password yang sudah di tentukan,
maka tidak akan masuk ke menu selanjutnya.
Ini adalah contoh script dari login yang di atas, dimana kita di suruh untuk memasukan username dan password apabila username dan password salah maka akan ada pemberitahuan "Login gagal!!!", dan di suruh memasukan lagi username dan password, dimana username dan password yang benarnya adalah "diky" dan password nya "12345".
Apabila
sudah login dengan benar, maka akan disuruh memaukan NAMA , JENIS KELAMIN,
MASUKAN ALAMAT EMAIL.
Script untuk Gambar yang di atas
Apabila sudah mengisi NAMA , JENIS KELAMIN, dan ALAMAT EMAIL, maka seterusnya di suruh untuk memilih type kamar sesuai kebutuhan.
Script Gambar diatas apabila memasukan pilihan yang tidak ada pada menu type kamar maka akan ada pesan "Maukan Pilihan Yang Benar!!!",dan di suruh memasukan pilihan kembali.
Ini adalah hasil laporannya, yang mana nanti type kamar + type ruangan * lama menginap, lamu masukan berapa Anda membayar, maka akan di kurang dengan jumlah yang tadi dan aka muncil kembaliannya.
Scrip ini berfungsi untuk menanpilkan laporan dan menjumlahkan hasil dari harga type kamar + type ruangan * lama menginap
Script ini berfungsi untuk memasukan Berapa membayar lalu dikurangi dengan jumlah total dari penjumlahan harga type kamar + type ruangan * lama menginap, dan akan menghasilkan kembalian dari pengurangan antara berapa membayar di kurang jumlah total dari penjumlahan harga type kamar + type ruangan * lama menginap.
KESIMPULAN
Java adalah salah satu aplikasi yaang digunakan untuk membuat sebuah program yang bisa menggunakan aplikasi NetBeans.
Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.