PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MOBIL


Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatdan hidayah Nya kami dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir  Pemrograman Beorientasi Objek ini dengan sebaik-baiknya meskipun masih banyak kekurangan yang terdapat didalamnya..
Penyelesaian laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karna itu dengan kerendahan hati kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.    Dosen Matakuliah Pemograman Berorientasi Objek yang telah banyak memberi saran dan masukan tentang tugas akhir ini.
2.    Kedua orang tua yang mendukung baik secara moril maupun materil.
3.    Teman-teman yang selalu memberikan motivasi secara langsung maupun tidak langsung.
Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam laporan yang kami buat ini, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman untuk menyempurnakanlaporan ini.



Sumedang, 10 Januari 2018



Penulis


Daftar Isi

KataPengantar…………………………….…………………………….i
Daftar Isi…………………………………….………………………….ii
BAB I. Pendahuluan
1.1.Latar Belakang………………………………………………………………….1
1.2.Tujuan Penulisan…………………………………………………………….....2
1.3.Manfaat Penulisan……………………………………………………………...2
BAB II
2.1Perancangan Aplikasi…………………………………………….3-10
2.2Aplikasi Penjualan Mobil……………………………………….11-15
BAB III
3.1Kesimpulan……………………………………………………………...16

BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
NetBeans mengacu pada kedua platform kerangka untuk aplikasi desktop Java, dan sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk pengembangan dengan Java , JavaScript , PHP , Python , Ruby , Groovy , C , C + + , Scala , Clojure , dan lain-lain. NetBeans IDE ditulis dalam Java dan berjalan di mana-mana mana JVM diinstal, termasuk Windows, Mac OS, Linux, dan Solaris.Sebuah JDK diperlukan untuk pengembangan fungsionalitas Jawa, tetapi tidak diperlukan untuk pembangunan di bahasa pemrograman lain. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi untuk dikembangkan dari satu set modular komponen software yang disebut modul. Aplikasi berbasis platform NetBeans (termasuk IDE NetBeans) dapat diperpanjang oleh pengembang pihak ketiga   NetBeans dimulai pada tahun 1996 sebagai Xelfi (kata bermain pada Delphi ), Java IDE proyek mahasiswa di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika di Charles University di Praha . Pada tahun 1997 StanÄ›k Romawi membentuk perusahaan sekitar proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Komunitas NetBeans sejak terus tumbuh, berkat individu dan perusahaan yang menggunakan dan berkontribusi dalam proyek ini. NetBeans IDE 6.0 memperkenalkan dukungan untuk mengembangkan modul IDE dan aplikasi klien kaya berdasarkan platform NetBeans, Java Swing GUI builder (sebelumnya dikenal sebagai "Proyek Matisse"), meningkatkan CVS dukungan, WebLogic 9 dan JBoss 4 dukungan, dan perangkat tambahan banyak editor. NetBeans 6 is available in official repositories of major Linux distributions. NetBeans 6 tersedia dalam repositori resmi dari distribusi Linux utama.      Selain itu, NetBeans Enterprise Pack mendukung pengembangan aplikasi Java EE 5 perusahaan, termasuk SOA alat desain visual, skema XML tools, web orkestrasi layanan (untuk BPEL), dan UML modeling. The NetBeans IDE Bundle for C/C++ supports C/C++ development. The NetBeans IDE Bundle untuk C / C + + mendukung C / C + + pembangunan. Hosting pengembang sumber terbuka proyek di kenai.com tambahan manfaat dari instant messaging dan pelacakan masalah integrasi dan navigasi kanan dalam IDE, dukungan untuk pengembangan aplikasi web dengan PHP 5.3 dan kerangka Symfony, dan kode selesai diperbaiki, layout, petunjuk dan navigasi dalam proyek JavaFX. Dirilis pada bulan Juni 2010, menambahkan dukungan untuk OSGi , Spring Framework 3.0, Java EE injeksi ketergantungan (JSR-299), Zend Framework untuk PHP , dan navigasi kode lebih mudah (seperti "Apakah / ditimpa Penerapan" penjelasan), format , petunjuk, dan refactoring di beberapa bahasa.
1.2           Tujuan Penulisan
a.     Untuk memenuhi Tugas Akhir Matakuliah Pemograman Berorientasi Objek
b.    Untuk menambah ilmu pengetahuan baik kami yang mengerjakan dan juga pembaca laporan

1.3           Manfaat Penulisan
a.     Memberi informasi kepada pembaca mengenai Aplikasi Netbeans
b.    Laporan ini diharapkan menjadi sebuah sumbangan bagi pembaca maupun penulis untuk mengembangkan Aplikasi dan Pemograman dimasa sekarang bahkan dimasa depan untuk lebih baik



BAB II
PEMBAHASAN APLIKASI
2.1 Perancangan Aplikasi
Langkah awal dalam membuat aplikasi yaitu dengan membuat suatu project  terlebih dahulu, berikut ini merupakan tampilan aplikasi Java NetbeanS
Untuk membuat project kita klik icon project atau dengan memilih menu File > New project
Untuk membuat project aplikasi, langkah selanjutnya kita pilih  Java Application dan klik  Next
Pada project name kita isi nama project yang akan kita buat (di isi sesuai dengan keinginan), pada  contoh di atas kita isi dengan nama project dengan
Belajar Java, untuk lokasi project dapat kita  tentukan sendiri dimana file java tersebut akan kita simpan, pada gambar di atas saya menyimpan di  folder path D:\ Belajar Java selanjutnya klik finish.
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package
belajar.java;
/**
*
* @author Anonymous
*/
public class
BelajarJava {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void
main(String[] args) {
// TODO code
application logic here
}
}
        Langkah selanjutnya kita akan membuat program sederhana untuk menampilkan tulisan dengan
langkah sebagai berikut, Klik File > New Fil
Pada bagian project kita pilih nama project yang sebelumnya telah kita buat, selanjutnya untuk
Categories kita pilih Java dan Tile Types kita pilih Java Main Class dan klik tombol Next
Pada bagian Class Name kita isi dengan nama Program (nama dapat disesu
aikan), file hasil akan disimpan pada path D:\Belajar Java\ Belajar Java\src\
Program.javadan klik finish
Jika sudah selesai klik run
    2.2 Aplikasi Penjualan Mobil
Gambar di bawah ini adalah gambaran atau screen shot aplikasi penjualan mobil
1. Menu pertama ketika aplikasi di jalankan adalah menu LOGIN

2. Menu setelah login dengan username ADMIN dan password ADMIN adalah Menu PENJUALAN seperti gambar dibawah ini

3. Pilih menu PEMBELI maka akan masuk ke tambah data pembeli. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI, dan KEMBALI).

4. Pilih menu TRANSAKSI maka akan masuk ke tambah data TRANSAKSI. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI, CETAK TRANSAKSI dan KEMBALI).

5. Pilih menu FAKTUR maka akan masuk ke tambah data FAKTUR. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI, CETAK FAKTUR dan KEMBALI).


6. Pilih menu FILE lalu Daftar MOBIL di situ anda bisa menambahkan daftar mobil yang akan dijual. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI,dan KEMBALI).


7. Nahh sekarang saatnya melihat hasil inputan yang sudah tersimpan pada database MYSQL.
a.     DAFTAR MOBIL    

b.    DAFTAR PEMBELI (maaf salah penulisan di dalam screensot)

c.     DAFTAR FAKTUR PENJUALAN (ini juga salah penulisannya di screenshot)

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di abad ke-21 ini menuntut kita untuk selalu berkembanga dan mampu sejalan dengan perkembangan teknologi yang terkini, dalam hal ini adalah perkembangan software baik itu dalam pengetahuan, mengetahui perkembangan dan menggunakannya, atau bahkan dalam mengembangkan software. Perkembangan teknologi khususnya software, ini tidak terlepas dari keberadaan pemrograman Java, sebagai salah satu program pengembang teknologi, bahasa pemrograman Java sebagai sebuah peralatan software yang tenar dimasa sekarang, pemahaman kita akan kemajuan teknologi amatlah penting dan akan lebih bermanfaat jika kita mampu menggunakan, mengimplementasikan bahakan membuat sebuah program dengan aplikasi Java ini, sehingga kita bisa mewarnai dan juga menyeimbangi perkembangan dunia teknologi saat ini.Keberadaan java saat ini khususnya dalam dunia programmer, sangatlah penting dan sangat berpengaruh dalam perkembangan berbagai aplikasi-aplikasi dari aplikasi yang sederhana hingga aplikasi yang sangat rumit dan besar. Keberadaan java ini membuat mudah kita dalam mengembangakan dan juga membuat sebuah program apalikasi, bagi kita yang ingin menekuni dan berkiprah dalam dunia programmer, saat ini yang paling tepat untuk diperalajari adalah bahasa pemrograman java dan ini dilansirkan bahwa akan tetap eksis sampai masa mendatang, bahakan melebihi keberadaan bahasa C, C++, Delphi, Pascal, Visual Basic dan bahasa pemrograman yang lain. Java sebagai platform pengembang berbagai aplikasi, khususnya aplikasi pada mobile, telah memenuhi standar eksistensi bahasa pemrograman, yang sekelas dengan visual basic sebagai bahasa pemrograman yang telah dulu ada. Bahkan bisa dibilang penggunaannya semudah bahasa C dan kemampuan setangguh bahasa C++, selain sifatnya yang mudah karena kesederhanaannya, berbagai keunggulan kenapa java harus dipelajari adalah, pemrograman yang berorientasi pada objek, open platform, aplikasi berbasis WEB, mempunyai banyak fitur, dan bukan sekedar bahasa tapi juga platform sekaligus arsitektur. Java mempunyai portabilitas yang sangat tinggi. Ia dapat berada pada smartcard, pager, POS (Point of Service), handphone, PDA, palm, TV, Embedded device (PLC, micro controller), laptop, pc, dan bahkan server).
ANISYA RIZKI SUKMANA A1.1600002
                                    HANDI SAEPUL ROHMAN A1.1600004 

MANAJEMEN INFORMATIKA-III



0 Komentar untuk "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MOBIL"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info