Aplikasi Sederhana Booking Lapangan Futsal

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada zaman sekarang, perkembangan teknologi informasi memegang peranan penting dalam dunia usaha. Tidak sedikit dari usaha-usaha dalam skala besar, sedang, maupun kecil yang saat ini sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang usahanya. Salah satu teknologi informasi yang saat ini sangat dibutuhkan dan sering digunakan adalah teknologi informasi berupa aplikasi.

Salah satu usaha yang saat ini masih minim menggunakan teknologi informasi adalah usaha penyewaan lapangan futsal. Dimana saat ini banyak penyewaan lapangan futsal yang masih menggunakan cara manual untuk menunjang usahanya itu, contohnya untuk melakukan booking lapangan, pegawai lapangan futsal masih melakukan pencatatan dengan manual, cara tersebut kurang efektif dan efisien.

1.2 Rumusan Masalah

Dalam usaha penyewaan lapangan futsal sekarang ini, masih banyak yang menggunakan cara manual dalam menunjang usahanya, dalam artian mereka masih menggunakan cara-cara yang tidak terkomputerisasi, seperti menyimpan waktu booking pelanggan dan data pelanggan yang membooking. Dari penyataan diatas dapat disimpulkan permasalahannya yaitu “Bagaimana membuat sebuah aplikasi berbasiskan komputerisasi pada usaha penyewaan lapangan futsal?”.

1.3 Batasan Masalah

Dalam membangun sebuah aplikasi penyewaan lapangan futsal ini, terdapat batasan-batasan masalah dalam aplikasi ini, yaitu program ini mampu menyimpan data identitas pelanggan yang menyewa lapangan futsal, menyimpan waktu penyewaan lapangan tersebut, serta dapat mencari dan menampilkan data pelanggan yang telah disimpan sebelumnya. Pada penyewaan lapangan futsal tersebut terdapat 5 lapangan yaitu 2 lapangan outdoor dan 3 lapangan indoor.

1.4 Tujuan Penelitian

Setelah mengetahui masalah-masalah yang terdapat pada usaha penyewaan lapangan futsal seperti yang dijelaskan diatas, maka dalam penelitian ini kami bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh usaha tersebut, yaitu kami ingin membuat sebuah program sederhana yang bernama aplikasi booking lapangan futsal dimana aplikasi tersebut dapat membantu pengusaha tersebut untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam penyimpanan data. Sehingga dapat meminimalisir terjadi kesalahan pada saat penyewaan lapangan futsal tersebut. Di samping itu juga kami ingin mendapatkan pengalaman bagaimana membuat program yang baik bagi dunia usaha tersebut.

1.5 Manfaat Penelitian

Dalam sebuah penilitian pasti akan memunculkan berbagai macam manfaat. Dimana manfaat tersebut dapat di pergunakan oleh masyarakat luas. Seperti halnya pada aplikasi penyewaan lapangan futsal ini, akan memberikan manfaat bagi banyak kalangan. Adapun pihak yang bersangkutan ialah :

A. Peneliti : mendapatkan wawasan dan pengalaman bagaimana cara membuat program yang baik bagi usaha penyewaan lapangan futsal.
B. Pengusaha : memudahkan pekerjaan mereka dan meminilisir terjadi kesalahan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

C. Dunia akademik : sebagai referensi program dan contoh awal program sehingga pada masa depannya akan ada inovasi-inovasi yang dapat menyempurnakan program ini.


BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN

2.1 Struktur Tabel
Pada pembuatan Database ini terdapat  1 tabel dan 10 field.













2.2 Sreenshoot Hasil Program 

Ket : Pada gambar diatas merupakan tampilan awal dimana kita dapat menyimpan, mengedut dan
          menghapus data booking lapangan futsal yang sudah terhubung ke mysql.
 

Ket : Pada gambar diatas merupakan tampilan saat kita telah memasukan data yang ada. Maka data
          yang telah kita masukan akan masuk pada tabel dan mysql.

Data tersimpan pada database mysql:
 


Ket : Pada gambar diatas merupakan tampilan saat kita mengubah data yang telah kita memasukan
         sebelumnya. Maka data yang telah kita ubah tadi akan berubah juga pada tabel dan mysql.

Data berubah pada database mysql:


Ket : Pada gambar diatas merupakan tampilan saat kita telah menghapus data yang ada. Maka data
          data tersebut akan otomatis terhapus pada tabel dan mysql.

Data terhapus pada database mysql:

2.3 Source Code
A. Source Code pada class koneksi :
package koneksi;

import com.mysql.jdbc.Driver;
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;

/**
 *
 * @author hp
 */

public class koneksi {
    private static Connection koneksi;
   
    public static Connection GetConnection() throws SQLException{
        if (koneksi == null){
            new Driver();
            koneksi = DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost:3306/futsal", "root", "");
        }
        return koneksi;
    }
}


B. Source Code pada frame booking lapangan futsal :

package booking.lapangan.futsal;

/**
 *
 * @author hp
 */

import com.mysql.jdbc.Statement;
import java.awt.HeadlessException;
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.SQLException;
import javax.swing.JOptionPane;
import javax.swing.table.DefaultTableModel;
import javax.swing.plaf.basic.BasicInternalFrameTitlePane;
import koneksi.koneksi;
import java.text.SimpleDateFormat;
import java.util.Date;

C. Source Code untuk field yang akan muncul pada tabel pesanan :
public class Frame_Booking_Lapangan extends javax.swing.JFrame {
   
    String Tanggal;

    private void datatable(){
        DefaultTableModel tbl = new DefaultTableModel();
        tbl.addColumn("Kode");
        tbl.addColumn("Lapangan");
        tbl.addColumn("Harga");
        tbl.addColumn("Tanggal");
        tbl.addColumn("Jam_Mulai");
        tbl.addColumn("Jam_Selesai");
        tbl.addColumn("Nama");
        tbl.addColumn("Team");
        tbl.addColumn("No_HP");
        tbl.addColumn("DP");
        tblPesanan.setModel(tbl);
       
        try{
            Statement statement=(Statement)koneksi.GetConnection().createStatement();
            ResultSet res=statement.executeQuery("select * from pesanan");
            while(res.next()){
                tbl.addRow(new Object[]{
                res.getString(1),
                res.getString(2),
                res.getString(3),
                res.getString(4),
                res.getString(5),
                res.getString(6),
                res.getString(7),
                res.getString(8),
                res.getString(9),
                res.getString(10),
                });
                tblPesanan.setModel(tbl);
            }
        }catch(Exception e){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "salah");
        }
    }

D. Source Code untuk membuat pilihan pada saat pengisian data :
private void clear(){
        kode.setSelectedItem("-PILIH-");
        namalp.setText("");
        harga.setText("");
        tgl.setDateFormatString("");
        Jam1.setSelectedItem("-PILIH-");
        Jam2.setSelectedItem("-PILIH-");
        txtnama.setText("");
        txtteam.setText("");
        txtno.setText("");
        txtDP.setText("");
       
    }  
   
     private void enabled(){
        kode.enable(true);
        namalp.enable(true);
        harga.enable(true);
        tgl.enable(true);
        Jam1.enable(true);
        Jam2.enable(true);
        txtnama.enable(true);
        txtteam.enable(true);
        txtno.enable(true);
        txtDP.enable(true);
        kode.requestFocus();
    
     }
    
        private void desabled(){
        kode.enable(false);
        namalp.enable(false);
        harga.enable(false);
        tgl.enable(false);
        Jam1.enable(false);
        Jam2.enable(false);
        txtnama.enable(false);
        txtteam.enable(false);
        txtno.enable(false);
        txtDP.enable(false);
      
    }

public Frame_Booking_Lapangan() {
        initComponents();
        datatable();
       
        kode.addItem("-PILIH-");
        kode.addItem("Out01");
        kode.addItem("Out02");
        kode.addItem("In01");
        kode.addItem("In02");
        kode.addItem("In03");
      
        Jam1.addItem("-PILIH-");
        Jam1.addItem("08.00");
        Jam1.addItem("09.00");
        Jam1.addItem("10.00");
        Jam1.addItem("11.00");
        Jam1.addItem("12.00");
        Jam1.addItem("13.00");
        Jam1.addItem("14.00");
        Jam1.addItem("15.00");
        Jam1.addItem("16.00");
        Jam1.addItem("17.00");
        Jam1.addItem("18.00");
        Jam1.addItem("19.00");
        Jam1.addItem("20.00");
        Jam1.addItem("21.00");
       
        Jam2.addItem("-PILIH-");
        Jam2.addItem("09.00");
        Jam2.addItem("10.00");
        Jam2.addItem("11.00");
        Jam2.addItem("12.00");
        Jam2.addItem("13.00");
        Jam2.addItem("14.00");
        Jam2.addItem("15.00");
        Jam2.addItem("16.00");
        Jam2.addItem("17.00");
        Jam2.addItem("18.00");
        Jam2.addItem("19.00");
        Jam2.addItem("20.00");
        Jam2.addItem("21.00");
        Jam2.addItem("22.00");
      
   
    }

E. Source Code pada button simpan :
 
private void btnsimpanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
     if (btnsimpan.getText() == "Tambah"){
           enabled();
           clear();
           btnsimpan.setText("Simpan");
           btnedit.setEnabled(false);
           btnhapus.setEnabled(false);
          
       }else{
           String Kode = kode.getSelectedItem().toString();
           String Lapangan = namalp.getText();
           String Harga = harga.getText();
           String Jam_Mulai = Jam1.getSelectedItem().toString();
           String Jam_Selesai = Jam2.getSelectedItem().toString();
           String Nama = txtnama.getText();
           String Team = txtteam.getText();
           String No_HP = txtno.getText();
           String DP = txtDP.getText();
         
           try {
               Statement statement=(Statement)koneksi.GetConnection().createStatement();
               statement.executeUpdate("insert into pesanan values('"+Kode+"','"+Lapangan+"',
               '"+Harga+"','"+Tanggal+"','"+Jam_Mulai+"','"+Jam_Selesai+"','"+Nama+"','"+Team+"',
               '"+No_HP+"','"+DP+"')");
               datatable();
               statement.close();
               JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data Berhasil Disimpan");
              
               clear();
               desabled();
               btnsimpan.setText("Tambah");
               btnedit.setEnabled(true);
               btnhapus.setEnabled(true);              
            }catch(Exception t){
          
           JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data gagal disimpan");
           } 
       
     }
    }      

F. Source Code pada button edit :
 
private void btneditActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(btnedit.getText()=="Edit"){
            enabled();
            kode.enable(false);
            btnedit.setText("Simpan");
            btnsimpan.setEnabled(false);
            btnhapus.setEnabled(false);
            kode.requestFocus();
        
        } else{
           String Kode = kode.getSelectedItem().toString();
           String Lapangan = namalp.getText();
           String Harga = harga.getText();
           String Jam_Mulai = Jam1.getSelectedItem().toString();
           String Jam_Selesai = Jam2.getSelectedItem().toString();
           String Nama = txtnama.getText();
           String Team = txtteam.getText();
           String No_HP = txtno.getText();
           String DP = txtDP.getText();
          
         try{
             Statement statement = (Statement)koneksi.GetConnection().createStatement();
             statement.executeUpdate("UPDATE pesanan SET Lapangan = '"+namalp.getText()+"',
             "+"Harga = '"+harga.getText()+"',"+"Tanggal='"+tgl.getDateFormatString()+"',"
             +"Jam_Mulai='"+Jam1.getSelectedItem()+"',"+"Jam_Selesai='"+Jam2.getSelectedItem()+
             "',"+"Nama ='"+txtnama.getText()+"',"+"Team='"+txtteam.getText()+"',"+"No_HP=
             '"+txtno.getText()+"',"+"DP='"+txtDP.getText()+"'"+"WHERE Kode
           ='"+kode.getSelectedItem()+"';");
             statement.close();
            
         JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data Berhasil diubah");
         clear();
         desabled();

         btnedit.setText("Edit");
         btnsimpan.setEnabled(true);
         btnhapus.setEnabled(true);
         }catch (Exception e){
        
         JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data gagal disimpan");
         }
         datatable();
        }
    }                                 

G. Source Code pada button hapus :
private void btnhapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        String Kode= kode.getSelectedItem().toString();
        try{
           Statement statement= (Statement)koneksi.GetConnection().createStatement();
           statement.executeUpdate("delete from pesanan where Kode=('"+Kode+"');");
            clear();
            datatable();
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data berhasil dihapus");
           
        }catch(Exception t){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data gagal dihapus");
        }
    }                         

H. Source Code tabel pesanan :

 private void tblPesananMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        int row = tblPesanan.getSelectedRow();
        kode.setSelectedItem((String)tblPesanan.getValueAt(row, 0));
        namalp.setText((String)tblPesanan.getValueAt(row, 1));
        harga.setText((String)tblPesanan.getValueAt(row, 2));
        tgl.setDateFormatString((String)tblPesanan.getValueAt(row, 3));
        Jam1.setSelectedItem((String)tblPesanan.getValueAt(row, 4));
        Jam2.setSelectedItem((String)tblPesanan.getValueAt(row, 5));
        txtnama.setText((String)tblPesanan.getValueAt(row, 6));
        txtteam.setText((String)tblPesanan.getValueAt(row, 7));
        txtno.setText((String)tblPesanan.getValueAt(row, 8));
        txtDP.setText((String)tblPesanan.getValueAt(row, 9));
    }                                       

I. Source Code untuk tanggal :

private void tglPropertyChange(java.beans.PropertyChangeEvent evt) {                                  
        // TODO add your handling code here:
               if (tgl.getDate()!=null){
SimpleDateFormat simpleDateFormat = new SimpleDateFormat("yyyy-MM-dd");
Tanggal = simpleDateFormat.format(tgl.getDate());
}
    
    }   
                
J. Source Code agar saat memilih kode akan otomatis tampil nama lapangan dan harganya :

private void kodeActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        if(kode.getSelectedItem()=="Out01"){
            namalp.setText("Outdoor 01");
            harga.setText("100000");
        }else if (kode.getSelectedItem()=="Out02"){
            namalp.setText("Outdoor 02");
            harga.setText("100000");
        }else if (kode.getSelectedItem()=="In01"){
            namalp.setText("Indoor 01");
            harga.setText("150000");
        }else if (kode.getSelectedItem()=="In02"){
            namalp.setText("Indoor 02");
            harga.setText("150000");
        }else if (kode.getSelectedItem()=="In03"){
            namalp.setText("Indoor 03");
            harga.setText("150000");
        }
    }        

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Program yang kami buat ini mempermudah penyedia layanan penyewaan lapangan futsal sehingga akan meminimalisir kesalahan. Program ini dapat mencari dan menampilkan data yang di simpan sebelumnya. Padanya dasarnya program ini dibuat menggunakan Bahasa Pemrograman Java (Netbeans) dan Database Mysql.

DAFTAR PUSTAKA

https://id.scribd.com/doc/75969459/Laporan-Akhir-Praktikum-Pemrograman-Berorientasi-Objek-Aplikasi-Perhitungan-Tarif-Salon

Disusun Oleh :    

Uly Yulifah                : A1.1600015
Herdy Al Falah          : A1.1600020
0 Komentar untuk "Aplikasi Sederhana Booking Lapangan Futsal"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info