Aplikasi "Toko Fashion Fakih"


Aplikasi
“Toko Fashion Fakih”

Nama      : Fakih Hidayat
Nim         : A1.1700002
Prodi       : Manajemen Informatika
Semester : 1


Pic 1 : source code diatas berfungsi sebagai variabel- variabel yang akan dibutuhkan oleh aplikasi toko fashion fakih, didalamnya terdapat String validasi yang digunakan untuk memberi nilai benar atau salah. Selanjutnya ada pilih, pilihan ,dan menu_pilihan yang digunakan untuk setiap swicth-case yang ada. Selanjutnya ada pria, wanita, baju_panjang, baju_pendek dll, ini digunakan untuk daftar fashion fashion yang ada didalam daftar fashion dan juga qty_baju_panjang, qty_baju_pendek dll digunakan untuk jumlah fashion yang dibeli untuk ditotal. Kemudian subtotal untuk total harga, payment untuk pembayaran, change untuk kembalian.


Pic 2 : Disini fungsi validasi baru dipakai untuk menunjukan nilai mana yang benar dan nilai mana yang salah. Diatas yang dijadikan validasi yang benar adalah “y”, dan yang salah adalah “n”, kita menggunakan fungsi try untuk mencoba validasi, ditambah dengan if jika memilih atau menginput nilai yang tidak sama dengan 1,2, dan 3 maka validasi “n” (nilai yang salah), maka akan membuka line selanjutnya maka akan muncul pesan “Salah Memasukan”, while akan otomatis mengulang program jika nilai nya atau isi validasi adalah “n”.


Pic 3 : Disini switch mulai menggunakan variabel “pilih” untuk mengurutkan pilihan pada menu, dan disini kita mulai menggunakan variabel untuk memisahkan swicth swicth yang ada karena jiga tidak menggunakan variabel maka setiap case dari masing masing swicth akan bentrok dan error, untuk validasi masih sama dengan Pic 2.  Pada case switch ini kita berada didalam Menu seperti gambar diatas.  Didalam menu pilihan pria, wanita dan kembali.

Pic 4 : Kita bisa lihat sekarang kita menggunakan variabel “pilihan” untuk swicth-case selanjutnya. Case ini berada didalam case sebelum nya yaitu didalam switch “pilihan”, pria yaitu switch menu_pilihan jadi nanti ketika diswitch wanita kita akan menggunakan switch yang sama karena switch ini (“pilihan”) sebenarnya memang dibuat untuk case pria dan wanita, dikarenakan diawal variabel nya memang disatukan. Di case ini kita memasukan semua fashion yang akan atau bisa dipilih dengan menginput validasi “y” yaitu nilai yang benar. Disini juga menggunakan validasi perulangan yang sama dengan yang ada pada Pic Pic sebelumnya.

Pic 5 :  bisa kita lihat bahwa di switch “pilihan” di Pic 4, kita melihat varialbel manu_pilihan. Menu_pilihan sendiri dibuat untuk mendeklarasikan setiap baju yang ada dalam fashion. Validasi nya tetap sama dengan pic pic sebelum nya hanya untuk yang sekarang ditambah dengan variable  jumlah untuk masing masing fashion. Jika nilai yang dimasukan nilai nya benar maka akan muncul pesan “anda membeli (jumlah fashion) fasion anda” dan “tolong segera melakukan pembayaran”.

Pic 6 : sama dengan yang switch “pilihan” untuk pria.

Pic 7 : sama dengan switch “menu_pilihan” untuk pria.

Pic 8 :  case 2 ini ada didalam switch “pilih” dan mengurut dari case pertamanya yaitu Menu. Pada case ini kita akan membuat harga dan pembayaran untuk setiap fashion. Disini kita kembali menggunakan if, jika tidak ada fasion yang dipilih maka akan muncul pesan “ Anda belum memesan apapun” dan saran “silahkan pergi ke menu untuk pemesanan”.

Pic 9 : kita kembali membuat variable untuk mendeklarasi jumlah dari setiap fashion yang dipilih. Jika merasa ribet bat, maka variabel ini bisa kita satukan dengan variabel yang ada dipaling atas, karena letak penyimpanan nya tidak berpengaruh selama dalam penempatan yang benar. Disini kita kembali menggunakan variabel if, untuk pemilihan fashion dengan memasukan harga dan dikalikan dengan jumlah fashion yang dipilih.

Pic 10 : menggunakan fungsi aritmatik untuk menjumlah kan setiap fashion yang dipilih. Dan kita kembali menggunakan if untuk memunculkan jumlah fasion yang dipilih dengan totalnya.

Pic 11 : setelah apa yang terjadi pada Pic 10, maka akan muncul total harga dari seluruh jumlah fashion yang dipilih dan anda diperintahkan untuk memasukan uang anda.  Disini kita kembali menggunakan validasi, seperti biasa bahwa validasi “y” selalu benar dan “n” selalu salah. Jika kita memasukan validasi “n” maka akan muncul pesan “uang kurang” karena nilai yang diinputkan kurang dari jumlah subtotal. Dan jika menginput yang tidak benar maka akan muncul pesan “salah memasukan” dan perulangan bagian tersebut akan terjadi sampai anda memasukan nilai yang semestinya.


Pic 12 : jika yang anda masukan sama dengan subtotal maka akan muncul pesan “Pembayaran Sukses” . dan jika pembayaran lebih dari subtotal maka akan muncul pesan (“kembalian ada (sekian) ”) dan “pembayaran sukses” dan “terima kasih telah datang J” . setelah itu semuanya akan kembali pada jumlah 0 (dikosongkan kembali).

Pic 13 : setelah itu case selanjutnya dalam switch “pilih” adalah Exit yaitu untuk keluar dari program.









Kira-kira seperti itulah output saat program dijalankan. Silahkan mencoba J
Sekian laporan dari Aplikasi Toko Fashion Fakih. Bila ada kekurangan atau salah kata , salah ucap, salah dalam penyebutan. Saya mohon maaf sebesar-besarnya.
Happy Coding :D.

Wassalamu’alaikum Wr, Wb.
0 Komentar untuk "Aplikasi "Toko Fashion Fakih""

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info