CARA MEMBUAT PROGRAM ATM SEDERHANA DI NETBEANS

“ALAT ATM SEDERHANA”



1.kita gunakan import scanner supaya bisa meginput data ketika  program dijalankan



2.kita gunakan scanner input .untuk menginput data ketika program  berjalan


3.kita buat beberapa system print untuk menampilkan kata-kata di dalam program
 




4. kita gunakan logika if untuk pilihan pertama (1.bahasa Indonesia) . jika kita memencet 1 maka hasilnya akan


Maka akan  keluar program dengan Bahasa Indonesia. Sebaliknya jika kita menekan 2 maka hasilnya akan dengan bahsa inggris, namun disini bahasa inggrisnya belum kita buat sehingga ketika di run maka akan muncul build successful. jadi simak baik-baik proses pembuatan logika if dalam bahasa indonesianya karena langkah membuat if untuk bahasa inggrisnya juga sama. ;)











5. kemudian kita buat beberapa pilihan dan juga fungsi if untuk setiap pilihanya dan juga fungsi matematikanya.
Di bagian saldo saya masukan (+s) ini gunanya untuk menampilkan type data s/saldo yang sudah saya beri nilai sejumlah 5000000.
Kemudian di bagian if d==1 adalah unuk membuat pilihan untuk pilihan 1.tambah saldo.
Dan juga kita masukan fungsi matematika untuk menghitung saldo akhir setelah menambah saldo.










Setelah membuat logika if untuk memproses pilihan 1. Sekarang kita gunakan pilihan yes or no untuk mengakhiri proses dan yes untuk tetap melanjutkan proses.
Jika kita memencet 1 maka yang keluar adalah kembali ke proses transaksi , namun bila kita pencet 2 maka proses akan berakhir.

 

6. Karena disini ada limitasi penggunaan transaksi untuk pengguna nasabah, maka saya berikan limit itu  sebanyak 2 kali. Sehingga ketika penggunaan transaksi sudah mencapai batas maksimal maka proses berakhir .






 nah pengcodingan nya seperti itu sob.
pasti mudahkan?



7. Kemudian kita buat pilihan 2 yaitu transfer . untuk membuat ini kita hanya perlu menginput kode di atas , cara nya sama saja seperti sebelumnya hanya saja perbedaanya adalah di fungsi matematikanya dan juga pemasukan no rekening nasabah . supaya nasabah yang sudah terdaftar di program ini bisa menggunakan /mengirim sesuai dengan no rekening yang sudah di daftarkan.
Jika no rekening yang di input salah maka program akan memmberitahu bahwa pin salah.
Dan jika nomor pin benar maka akan menampilkan  bahwa transfer suksess dan juga saldo kita akan berkurang sesuai saldo yang di inputkan untuk di transfer.








8.  Setelah itu kita membuat pilihan yang  ketiga yaitu Tarik tunai , fungsi matematika dan logika nya hamper sama dengan yang pilihan 2 namun perbedaanya disini tidak menggunakan else, karena ketika proses Tarik tunai, tidak akan ada  gagal.




Nah setelah kita membuat yang  versi Indonesia sekarang kita membuat yang pilihan 2 , yaitu Bahasa inggris . proses pembuatan atau coding nya sama hanya saja kita mengubah setiap system print.out nya menjadi Bahasa Inggris . gampangkan…..?😤
jangan lupa bahasa inggris ini kan adanya di pilihan kedua , jadi if nya (a= =2). a itu sendiri adalah integer untuk piliha bahasa, jangan sampe lupa ya.














Nah secara garis besar program ini banyak menggunakan fungsi if , sehingga boleh dipraktikan dan juga mungkin bisa ditambah lagi script nya jika anda ingin membuat program yg seperti ini namun ingin lebih banyak fitur nya dengan menambahkan do while dan juga switchcase dan lain-lain.



Ini ada beberapa screenshot dari hasil program tersebut :
























Begitupun ketika kita menggunakan bahsa inggris

 




Mudah kan…??

kurang lebihnya program ini mohon dimaafkan dan juga mohon maaf atas segala kekurangan perilaku dan tutur kata. Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih .
wassalamualaikum wr.wb

REGARDS :

UTSMAN BIN AFFAN BAZEMUL 
0 Komentar untuk "CARA MEMBUAT PROGRAM ATM SEDERHANA DI NETBEANS"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info