Latar
Belakang Penelitian
Ilmu
pengetahuan dan teknologi selalu mengalami perkembangan secara dinamis, salah
satu dari sekian banyak perkembangan teknologi adalah komputer. Komputer
sebagai alat bantu manusia memiliki kelebihan diantaranya kecepatan,
keakuratan, serta keefisienan dalam pengolahan data dibandingkan dengan sistem
manual. Pengolahan data menjadi otomatis inilah yang sangat dibutuhkan untuk
membantu dalam penyampaian informasi sacara cepat tepat dan akurat. Komputer
sudah merambat dalam berbagai bidang, baik dalam dunia kerja maupun dunia
pendidikan sehingga secara tidak langsung telah menciptakan persaingan yang
sangat ketat antara sekolah yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu
perkembangan teknologi juga harus diikuti oleh pengelola instansi pendidikan.
Perpustakaan merupakan sarana penunjang yang wajib ada, karena keberadaan
perpustakaan
dapat membantu mahasiswa dan dosen dalam proses belajar atau mengajar sekolah.
Buku merupakan jendela dunia bagi manusia, dengan membaca buku pelajar dapat mengetahuni
apa yang belum diketahui. Dengan meningkatnya fungsi perpustakaan secara
maksimal maka diharapakan juga akan memberikan pendidikan yang maksimal bagi
para murid. Salah satu langkah yang di terapkan untuk meningkatkan fungsi dari
perpustakaan itu sendiri adalah sistem pengolah data yang cepat dan tepat.
Bedasarkan pengamatan yang dilakukan di STMIK di temukan hal-hal yang menjadi
permasalaahan antara lain:
1.
Pendaftaran anggota baru masih menggunakan cara manual sehingga memerlukan
waktu.
2.
Media penyimpanan peminjaman dan pengembalian masih menggunakan media
kertas
sehingga rentan akan kehilangan maupun kerusakan.
3.
Belum ada aplikasi yang mengelola dan menghitung denda keterlambatan
pengembalian
buku.
4.
Belum ada pembuatan laporan perpustakaan yang terkomputerisasi, untuk
digunakan
oleh STMIK Sumedang.
Rumusan
Masalah
Dari
identifikasi masalah yang telah didefinisikan di atas, maka penjabaran rumusan masalah
dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana aplikasi Perpustakaan STMIK Sumedang yang berjalan ?
2.
Bagaimana merancang aplikasi Perpustakaan STMIK Sumedang ?
3.
Bagaimana pengujian sistem informasi Perpustakaan STMIK Sumedang ?
4.
Bagaimana menginplementasikan aplikasi Perpustakaan STMIK Sumedang agar sistem
dapat berjalan dengan optimal ?
Maksud
dan Tujuan Penelitian
Maksud
dari laporan penelitian “PERANCANGAN APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS DESKTOP DI
STMIK SUMEDANG” adalah untuk membangun sistem informas perpustakaan yang
fleksibel dan dapat mengefesiensikan waktu. Adapun tujuan dari peranacangan
aplikasi perpustakaan berbasis desktop pendukung STMIK Sumedang adalah sebagai
berikut:
1.
Untuk mengetahui bagaimana aplikasi Perpustakaan yang sedang berjalan di
STMIK
Sumedang.
2.
Untuk membuat perancangan aplikasi perpustakaan di STMIK Sumedang.
3.
Untuk melakukan pengujian perancangan aplikasi perpustakaan berbasis desktop
di
STMIK Sumedang.
4.
Untuk menginplementasikan perancangan aplikasi perpustakaan berbasis desktop
di
STMIK Sumedang.
Batasan
Masalah
Untuk
memudahkan pekerjaan serta membatasi pekerjaan yang akan diselesaikan guna menghindari
adanya kegiatan diluar tujuan yang akan dicapai, sehingga dalam pembuatan aplikasi
perpustakaan berbasis desktop diperlukan suatu batasan masalah. Adapun batasan masalahnya
adalah sebagai berikut:
1.
Pendaftaran Anggota Proses yang dilakukan untuk memasukkan data calon anggota.
2.
Proses Sirkulasi, bagian ini hanya mencakup:
a.
Pendaftaran
Pada
proses ini hanya mencakup pendaftaran yang di lakukan oleh siswa.
b.
Peminjaman
Pada
proses ini hanya mencakup peminjaman buku yang dilakukan oleh
anggota
sesuai dengan persyaratan peminjaman.
c.
Pengembalian
Pada
proses ini hanya mencakup penanganan pengembalian buku dan denda.
3.
Buku
Proses
yang dilakukan untuk memasukkan data buku baru.
4.
Proses Pembuatan Laporan
a.
Laporan Buku
b.
Laporan Anggota Perpustakaan
c.
Laporan Peminjaman
5.
Peminjaman buku hanya bisa dilakukan oleh siswa dan tidak membahas
peminjaman
yang dilakukan oleh dosen.
Perpustakaan
Menurut
Sutarno NS Perpustakaan adalah mencakup suatu ruangan, bagian dari
gedung/bangunan atau gedung tersendiri yang berisi buku-buku koleksi, yang
diatur dan disusun demikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan
apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca.
Tujuan
Perpustakaan
Tujuan
perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan
memberikan kesempatan dengan dorongan melelui jasa pelayanan perpustakaan agar
mereka:
1.
Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan
2.
Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan,
kehidupan
sosial dan politik
3.
Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga
dan masyarakat yang lebih baik
4.
Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan
kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan buday manusia
5.
Dapat meningkatkan tarap kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya.
6.
Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif
dalam
pembangunan
nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa
7.
Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi
kehidupan
pribadi dan sosial. Perangkat Lunak Pendukung Perangkat lunak pendukung adalah
perangkat lunak yang di gunakan dalam merancang sistem dari mulai coding sampai
implementasinya.
Bahasa
Java
Menurut
Sun Microsystem adalah nama sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan
perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan.
Menurut
definisi lainnya, Java adalah bahasa pemrograman yang open source dan berorientasi
objek (OOP) serta bersifat portable sehingga bisa dijalankan diberbagai sistem
operasi.
XAMPP
Menurut
Bunafit Nugroho XAMPP adalah suatu bundel web server yang populer digunakan
untuk coba-coba di Windows karen kemudahan instalasinya. Bundel program open
source tersebut berisi antara lain server web apache, interpreter PHP, dan
basis data MySQL.[9,p.2]
NetBeans
NetBeans
adalah sebuah lingkungan pengembangan sebuah kakas untuk pemrogram menulis,
mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. NetBeans IDE ditulis
dalam Java namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Didalam Netbeans terbaru
beberapa plugin yang bisa di tambahkanadalah Netbeans untuk membuat program
java, C++, PHP, dan lainnya. Tinggal disesuaikan saja dengan yang kita
butuhkan. Di Netbeans bisa untu javascript, menulis pemrograman C dan pemrograman
C++.
OBJEK
DAN METODE PENELITIAN
Objek
penelitian merupakan hal awal (suatu permasalahan) yang harus ditentukan dalam
kegiatan penelitian sehingga penelitian dapat dilakukan secara efektif dan
efisie sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam artian objek penelitian merupakan
variable yang akan dikaji, yang menjadi focus penelitian disertai keberadaan/tempat
dilakukannya objek penelitian tersebut.
Objek
penelitian penting diungkapkan karena berperan penting dalam menunjang keberhasilan
kegiatan selama penelitian, sehingga hal-hal yang diperlukan dalam penelitian
akan mudah dicapai. Dengan demikian yang menjadi objek penelitian ini adalah “STMIK
Sumedang”.
Metode
Penelitian
Metode
Penelitian oleh Cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan
tertentu. Cara ilmiah didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional,
empiris,
dan
sistematis.
a.
Rasional : Penelitian dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga
terjangkau
oleh
penalaran manusia.
b.
Empiris : Cara yang digunakan dapat diamati dengan indera manusia.
c.
Sistematis : Proses penelitian menggunakan langkah-langkah yang bersifat logis.
Tujuan Perancangan Sistem
Tahap
perancangan ini mempunyai tujuan utama yaitu untuk memenuhi kebutuhan pengguna
atau biasa disebut dengan internal entity. Yaitu dalam penelitian ini yang
disebut entity adalah petugas perpustakaan, dan eksternal entity adalah
anggota. Sedangkan tujuan lain dari perancangan sistem ini yaitu untuk
memberikan gambaran yang jelas dan hasil perancangan yang lengkap. Demi
menghasilkan aplikasi yang dapat mempermudah cara kerja petugas perpustakaan
STMIK SUMEDANG.
Implementasi antar muka
Implementasi
antar muka merupakan gambaran mengenai antar muka dari
perangkat
lunak yang dibuat. Implementasi antar muka pada aplikasi perpustakaan dirancang
dengan menampilkan setiap tampilan program yang telah dibuat dalam bentuk file
program. Berikut adalah implementasi antarmuka pada aplikasi perpustakaan STMIK
Sumedang
:
1.TAMPILAN PEMINJAMAN
Menampilkan
data peminjaman.
public
void tampil_tb_peminjaman(){
Object []baris = {"No
Bp","Nama","Jurusan","Kode Buku","Judul
Buku","Tanggal Terbit","Tanggal Pinjam"};
tabmode = new DefaultTableModel(null,
baris);
tb_peminjaman.setModel(tabmode);
Connection con = new
koneksi_2().getConnection();
try {
String sql = "select * from
tb_peminjaman order by no_bp asc";
java.sql.Statement stat =
con.createStatement();
java.sql.ResultSet hasil =
stat.executeQuery(sql);
while (hasil.next()){
String no_bp =
hasil.getString("no_bp");
String nama =
hasil.getString("nama");
String jurusan =
hasil.getString("jurusan");
String kode_buku =
hasil.getString("kode_buku");
String judul_buku =
hasil.getString("judul_buku");
String tanggal_terbit =
hasil.getString("tanggal_terbit");
String tanggal_pinjam =
hasil.getString("tanggal_pinjam");
String[] data = {no_bp, nama,
jurusan, kode_buku, judul_buku, tanggal_terbit, tanggal_pinjam};
tabmode.addRow(data);
}
} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Menampilkan data GAGAL","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}
2.TAMPILAN DATA BUKU
Menampilkan data
buku
public void
tampil_tb_buku(){
Object []baris = {"Kode
Buku","Judul Buku","Tanggal
Terbit","Pengarang"};
tabmode = new DefaultTableModel(null,
baris);
tb_buku.setModel(tabmode);
Connection con = new
koneksi_2().getConnection();
try {
String sql = "select * from
tb_buku order by kode_buku asc";
java.sql.Statement stat =
con.createStatement();
java.sql.ResultSet hasil =
stat.executeQuery(sql);
while (hasil.next()){
String kode_buku = hasil.getString("kode_buku");
String judul_buku =
hasil.getString("judul_buku");
String tanggal_terbit =
hasil.getString("tanggal_terbit");
String pengarang =
hasil.getString("pengarang");
String[] data = {kode_buku,
judul_buku, tanggal_terbit, pengarang};
tabmode.addRow(data);
}
} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Menampilkan data GAGAL","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}
3.DATA MAHASISWA
Menampilkan data
mahasiswa
public void
tampil_tb_mahasiswa(){
Object []baris = {"No
Bp","Nama","Tempat Lahir","Tanggal
Lhair","Jurusan","Tanggal Masuk"};
tabmode = new DefaultTableModel(null,
baris);
tb_mahasiswa.setModel(tabmode);
Connection con = new
koneksi_2().getConnection();
try {
String sql = "select * from
tb_mahasiswa order by no_bp asc";
java.sql.Statement stat =
con.createStatement();
java.sql.ResultSet hasil =
stat.executeQuery(sql);
while (hasil.next()){
String no_bp =
hasil.getString("no_bp");
String nama =
hasil.getString("nama");
String tempat_lahir =
hasil.getString("tempat_lahir");
String tanggal_lahir =
hasil.getString("tanggal_lahir");
String jurusan =
hasil.getString("jurusan");
String tanggal_masuk =
hasil.getString("tanggal_masuk");
String[] data = {no_bp, nama,
tempat_lahir, tanggal_lahir, jurusan, tanggal_masuk};
tabmode.addRow(data);
}
} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Menampilkan data GAGAL","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}
4.FORM ENTRY MAHASISWA
Penginputan
data mahasiswa yang akan meminjam buku.
5.FORM ENTRY BUKU
Untuk
menginputkan data buku
public class
form_entry_buku extends javax.swing.JDialog {
public form_entry_buku(java.awt.Frame
parent, boolean modal) {
super(parent, modal);
initComponents();
tampil_tb_buku();
}
private DefaultTableModel tabmode;
public void tampil_tb_buku(){
Object []baris = {"Kode
Buku","Judul Buku","Tanggal
Terbit","Pengarang"};
tabmode = new DefaultTableModel(null,
baris);
tb_buku.setModel(tabmode);
Connection con = new
koneksi_2().getConnection();
try {
String sql = "select * from
tb_buku order by kode_buku asc";
java.sql.Statement stat =
con.createStatement();
java.sql.ResultSet hasil =
stat.executeQuery(sql);
while (hasil.next()){
String kode_buku = hasil.getString("kode_buku");
String judul_buku =
hasil.getString("judul_buku");
String tanggal_terbit =
hasil.getDate("tanggal_terbit").toString();
String pengarang =
hasil.getString("pengarang");
String[] data = {kode_buku, judul_buku,
tanggal_terbit, pengarang};
tabmode.addRow(data);
}
} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Menampilkan data GAGAL","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}
6. FORM ENTRY MAHASISWA
Untuk memasukan
data mahasiswa
private void
simpanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
String no_bp="",
nama="", tempat_lahir="", jurusan="";
java.util.Date tanggal_masuk;
no_bp = txt_no_bp.getText();
nama = txt_nama.getText();
tempat_lahir =
txt_tempat_lahir.getText();
jurusan = txt_jurusan.getText();
tanggal_masuk = (java.util.Date)
this.txt_tanggal_masuk.getDate();
try {
Connection con = new
koneksi_2().getConnection();
String sql = "insert into
tb_mahasiswa values (?,?,?,?,?,?)";
PreparedStatement stat =
(PreparedStatement) con.prepareStatement(sql);
stat.setString(1, no_bp);
stat.setString(2, nama);
stat.setString(3, tempat_lahir);
stat.setString(5, jurusan);
stat.setDate(6, new
java.sql.Date(tanggal_masuk.getTime()));
stat.executeUpdate();
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Menyimpan data BERHASIL","Informasi", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
reset();
tampil_tb_mahasiswa();
} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Menyimpan data GAGAL"+ e.getMessage());
}
}
KESIMPULAN
Kesimpulan
Sistem
perpustakaan menggunakan database untuk menyimpan data-data peminjaman secara
komputerisasi sehingga kemungkinan terjadinya terulangnya data yang sama dalam
sebuah data base sangat kecil
Dan
juga dapat memudahkan pegawai dalam hal memesukan data peminjam dari manual ke
komputerisasi sehingga pekerjaan yang sebelumnya lebih efisien dan terdata
dengan baik, memudahkan pegawai dalam mengatur kemejemenan perpustakaan.
Saran
Rancang
bangun aplikasi perpustakaan belum maksimal sehingga kedepannya dapat
dikembangan lagi dengan berbasis web.
Disusun oleh:
-MUKLIS BUDIMAN
-IQBAL PRAYUGA
-ROSLIA RESA
0 Komentar untuk "Perancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Java Netbeans"
Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.