PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RESERVASI HOTEL

Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang semakin maju pada saat ini memacu manusia untuk semakin berfikir lebih maju. 
Karena didorong oleh perkembangan teknologi, manusia menginginkan segala sesuatu dilaksanakan dengan cepat, tepat dan teliti. 
Dengan alasan tersebut, pemakaian komputer sebagai alat bantu makin banyak digunakan, mengingat semakin rumitnya proses pengolahan data. 
Untuk mempermudah proses–proses yang dilakukan, maka dibuat suatu perencanaan sistem yang mengacu pada pengolahan data secara sistematis 
yang diimplementasikan pada suatu program dengan tujuan agar para pemakai dapat dengan mudah memahami cara kerja dan mekanisme dari suatu sistem secara tepat, 
cepat dan akurat. sehingga memerlukan proses komputerisasi yang dapat meningkatkan keefisienan dan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Proses reservasi yang ada 
sekarang ini masih manual dengan cara mencatat setiap order transaksi ke dalam sebuah kertas besar. Apabila dilihat dari segi efisien, hal ini masih belum optimal, 
karena sistem pencarian masih manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Identifikasi dan Rumusan Masalah
a.      Identifikasi Masalah
Bagaimana membuat Sistem Informasi Reservasi Hotel dengan menggunakan menggunakan Netsbean dengan MYSQL untuk pengolahan databasenya. ?

b.      Batasan Masalah
Dalam Sistem Informasi Reservasi hotel berbasis web menggunakan JSP dilakukan beberapa batasan sebagai berikut :
1.       Teknologi yang digunakan untuk pembuatan program adalah menggunakan Netsbean dengan MYSQL untuk pengolahan databasenya. Tomcat digunakan sebagai Web Servernya. Sedangkan untuk software editor menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004 untuk disain webnya, sedangkan untuk pengolahan gambar menggunakan Adobe Photoshop CS2.
2.      Tidak membahas masalah jaringan dan keamanan dari Sistem Informasi.
3.      Tidak membahas masalah Human Error.
4.      Sistem hanya menangani reservasi. Sedangkan check-in dilakukan oleh Front Office menggunakan sistem offline.
1.      Pembayaran dilakukan setelah reservasi dengan mentransfer uang muka sebesar ketentuan yang sudah ditetapkan pihak hotel untuk tanda jadi reservasi. Untuk pelunasan dilakukan pada saat tamu check-in.
Maksud dan Tujuan
a.      Maksud Penelitian
Maksud dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi Reservasi hotel asia solo tentang analisis disain dan implementasi program reservasi hotel dengan menggunakan teknologi yang lebih up to date, tersebut agar lebih efektif dan efesien dalam pelaksanaannya dan kegunaannya.
b.      Tujuan Penelitian 
Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
1.    Membuat Sistem Informasi Reservasi Hotel dengan menggunakan Neatbean
2.    Memberikan kontribusi kepada pihak hotel Asia Solo tentang analisis, disain dan implementasi program reservasi hotel dengan menggunakan teknologi yang lebih up to date.
3.    Sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana Sistem Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Menejemen dan Komputer (STMIK) Sumedang
c.        Kegunaan Penelitian 
-          Kegunaan Akademis 
Kegunaan akademis ada beberapa fungsi bagi pihak-pihak yang ada dalam penelitian ini diantaranya :
1.    Bagi pengembangan ilmu 
Dengan penelitian diharapkan mampu mengembangakan keilmuan khususnya keilmuan di bidang sistem informasi, dimana diharapkan pada penelitian ini mendapatkan temuan untuk selanjutnya dikaji dan menjadi ilmu yang bermanfaat. 
2.    Bagi peneliti 
Penelitian diharapkan bermanfaat bagi peneliti sendiri untuk menambah wawasan dalam hal teori ataupun praktek, khusus nya tentang perancangan sistem informasi resevasi Hotel

 -           Kegunaan Praktis 
Adapun kegunaan praktis dari penelitian ini terutama bagi piha-pihak : 
1.    Operator Reservasi Hotel 
Memberi kemudahan dalam proses pengolahan data dan Pelayanan Hotel
2.    Bagi pihak Hotel
Meningkatkan pelaksanaan kinerja dengan pemanfaatan teknologi untuk mempermudah dalam proses pengolahan data Pelayanan Hotel serta mebantu menyimpanan data-data dengan database yang digunakan agar lebih aman. 
-          Batasan Masalah 
Agar dalam penelitian ini tidak terlalu meluas dan terfokus pada permasalahan, maka dalam penelitian ini hanya dibatasi pada:
1.    Sistem hanya membahas pada masalah reservasi Resort Hotel
2.    Sistem ini digunakan untuk komputer stand alone.




OBJEK DAN METODE PENELITIAN
a.  Objek Penelitian
Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian yaitu Reservasi Hotel
b.   Metode Penelitian
Metode penelitian merupakan suatu cara atau prosedur yang akan dilakukan dalam pengumpulan data guna untuk memecahkan permasalahan serta menguji hipotesis penelelitian.
c.     Desain Penelitian
Desain penelitian adalah kerangka kerja yang digunakan untuk melaksanakan penelitian. 
Dalam mendesain penelitian ini, penulis merancang tahapan-tahapan dalam pelaksanaan penelitian ini:
1.    Menetapkan tema atau judul penelitian
2.    Mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan pada objek yang akan diteliti
3.    Menentukan tujuan yang merupakan penyelesaian suatu masalah yang menunjukan adanya sesuatu hal yang diperoleh setelah penelitian ini selesai
4.    Merancang sebuah sistem dari penelitian ini
5.    Mengimplementasikan kegunaan hasil akhir dari penelitian ini pada objek yang akan diteliti
6.    Membuat suatu kesimpulan tentang hasil akhir dari penelitian ini

d.  Jenis dan Metode Pengumpulan Data
1. Sumber Data
Metode pengumpulan data secara tidak langsung dari objek yang sedang diteliti, cara yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah sebagai berikut :
Observasi merupakan penelitian secara tidak langsung dengan mengunjungi Website dan alamat nya di internet hal ini dilakukan untuk melihat secara langsung masalah masalah yang berhubungan dengan pokok pembahasan yang diperlukan dalam penelitian ini.
2.    Metode Pendekatan dan Pengembangan Sistem
Dalam penelitian ini metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan terstruktur sebagai tool dalam perancangan sistem yang dibuat dan untuk mengembangkan sistem informasinya menggunakan metode Use Case
3.    Metode Pendekatan Sistem
Pendekatan sistem yang digunakan adalah menggunakan metode analisis terstruktur, yang menghendaki adanya gambaran terhadap keseluruhan sistem
Pendekatan terstruktur dalam pengembangan system informasi adalah proses yang berorientasi kepada teknik yang digunakan untuk merancang dan menulis program secara jelas dan konsisten.
1.    Perancangan Proses : Flowmap, DFD dan Kamus Data
2.    Perancangan Basis Data : ERD, Normalisasi, Tabel Relasi dan Struktur File
3.    Perancangan Program : Perancangan Input, Perancangan Output, Pengkodean, Struktur Menu dan Kebutuhan Sistem. 
Metode Pengembangan Sistem
Adalah sebuah diagram yang menggambarkan interaksi antara sistem dan eksternal sistem dan user. Use case secara behavioral berhubungan dengan langkah-langkah yang berurutan, baik yang secara otomatis dan manual dengan tujuan untuk melengkapi proses bisnis yang tunggal.
1.    Use case merupakan bagian dari seluruh fungsi sistem. Digambarkan secara grafik dengan elips yang horizontal dengan nama dari use case tertera diatas, dibawah atau didalam elips.
2.    Actor – segala sesuatu yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan sistem untuk mengubah informasi. Dapat berupa orang, organisasi atau sistem informasi yang lain atau juga suatu waktu kejadian
5. Alat Bantu Analisis dan Perancangan
a. Alur Dokumen (Flow Map)
Flow map adalah sebuah aliran data berbentuk dokumen atau formulir didalam suatu sitem informasi yang merupakan suatu aktivitas yang saling terkait dalam hubungannya dengan kebutuhan data dan informasi.
b. Diagram Konteks
Diagram konteks adalah sebuah diagram sederhana yang menggambarkan hubungan antara entity luar, masukan dan keluaran dari sistem.
c. DFD (Data Flow Diagram)
Diagram aliran data atau DFD (Data Flow Diagram) adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan darimana asal data dan kemana tujuan data yang keluar sari sistem, dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan pada data tersebut.  
d.   Tabel Relasi
Database adalah kumpulan file yang saling berkaitan. Pada model data relational, hubungan antar file direlasikan dengan kunci  relasi (relation key) yang merupakan kunci utama dari masing-masing  file.



HASIL PENELITIAN
a.    Perancangan Sistem
Pada tahap analisis sistem merupakan suatu bagian dari implementasi sistem dengan merubah sistem informasi pada saat ini dengan sistem informasi yang baru. 
b.   Tujuan Perancangan Sistem
Tujuan yang diharapkan dari perancangan sistem ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi Reservasi di Hotel  yang sesuai dengan kebutuhan.
c.    Gambaran Umum Sistem yang Diusulkan
Gambaran umum sistem yang diusulkan adalah untuk membangun suatu sistem yang dapat terkomputerisasi sehingga dapat memudahkan kinerja pengguna sistem yang baru.
1.Flow Map
Flow map yang diusulkan pada Hotel dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:
1 .Diagram Konteks
Diagram konteks yang diusulkan pada hotel dapat dilihat pada gambar di bawah ini
Data Flow Diagram


Data Flow Diagram (DFD) yang diusulkan pada Hotel tersebut dapat dilihat pada gambar

4. Perancangan Basis Data
Dalam menunjang perancangan program pengolahan data maka, diperlukan sebuah perancangan basis data. Perancangan basis data merupakan suatu perancangan sistem penyimpanan data dan informasi ke dalam database yang terdiri dari beberapa  file-file tabel yang dibutuhkan dalam pembuatan program. Pada perancangan basis data terdiri dari beberapa bagian penting yang akan dibahas diantaranya adalah normalisasi, relasi tabel, ERD (Entity Relationship Diagram), struktur file, dan kodifikasi.
 Normalisasi
Proses normalisasi merupakan proses pengelompokan elemen data menjadi table-tabel yang menunjukan entitas dan relasinya. Proses ini selalu diuji pada beberapa kondisi.
Relasi Tabel
Database adalah kumpulan file yang saling berkaitan. Pada model data relational, hubungan antar file direlasikan dengan kunci relasi (relation key) yang merupakan kunci utama dari masing-masing file. Dalam tabel terdapat relasi atar tabel terdapat field kunci primary key dan foreign key yang berfungsi untuk menghubungkan antar tabel dapat dilihat pada gambar.

ERD (Entity Relationship Diagram)
ERD (Entity Relationship Diagram) merupakan gambaran pemodelan data yang dapat mengorganisasikan data yang terdiri dari berbagai kumpulan objek dasar ke dalam entitas dan menentukan hubungan antar setiap entitas dapat dilihat pada gambar
Implementasi
Implementasi merupakan metode penerapan seluruh sistem dari perancangan yang telah disusun
secara matang dan terperinci dari perangkat lunak yang dibangun. Tujuan dari implementasi ini
adalah untuk mencapai suatu tahapan dalam menjalankan atau mengoperasikan hasil dari
perancangan sistem yang akan dibangun, tahap ini menjelaskan bagaimana suatu sistem yang
dirancang dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan bagaimana cara menggunakan
sistem tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
 Implementasi Perangkat Lunak
Implementasi perangkat lunak berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan sistem informasi Reservasi pada Hotel agar dapat berjalan atau beroprasi dengan baik, maka dibutuhkan suatu perangkat lunak pengolahan data untuk mengeksekusi dari suatu program 
yang dirancang. Berikut di bawah ini adalah perangkat lunak yang akan digunakan untuk mendukung pembuatan program aplikasi ini diantaranya adalah :
1.         Sistem Operasi
Sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan perangkat lunak ini adalah Microsoft Windows 7.
2.         Xampp
Xampp merupakan perangkat lunak yang mendukung dalam pembuatan program aplikasi sistem informasi Reservasi Hotel
3.         Database Server
Database server yang digunakan sebagai perangkat alat penyimpanan data aplikasi ini adalah database phpMyAdmin.
4.         Sublime
Sublime merupakan perangkat lunak sebagai media untuk menulis kode atau script php.
5.         PHP
PHP merupakan bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi sistem informasi pembelian Reservasi hotel
6.         Mozilla Firefox
Mozilla Firefox digunakan sebagai media untuk menampilkan aplikasi sistem informasi reservasi hote
Implementasi Perangkat Keras
 Dengan Menggunakan Komputer 
 Implementasi Basis Data
Implementasi basis data merupakan perancangan database yang dibuat dengan menggunakan bahasa
SQL (Structured Query Language). Berikut adalah implementasi database dengan menggunakan
aplikasi MySql dalam sistem informasi reservasi hotel 
Penggunaan Program
Untuk melakukan reservasi, Tamu harus mengisi form reservasi. Setelah reservasi dilakukan maka
Tamu mencetak bukti reservasi untuk diserahkan kepada resepsionis pada saat check-in. Resepsionis
melakukan pengecekan melalui web. Reservasi akan dianggap JADI jika Tamu sudah membayar
uang muka sebesar biaya menginap 1 malam dengan mentransfer melalui Bank yang sudah
ditentukan oleh pihak hotel. Untuk pengubahan status reservasi dilakukan oleh administrator. Status
reservasi meliputi “Reservasi” dan “Check In”. Jika tamu check-out maka administrator mengupdate
data reservasi dengan menghapus data tamu dan data reservasi tamu yang bersangkutan. Dalam
skripsi ini diasumsikan terdapat sistem lain di dalam hotel. Sistem ini berfungsi melayani tamu yang
reservasi di hotel. Sistem yang ada ini juga menangani check-in, check-out dan pembayaran.
Database dari sistem ini diasumsikan terintegrasi dengan database yang digunakan pada web
reservasi hotel.

Rancangan Interface



PENUTUP
Kesimpulan
       Kesimpulan secara umum yang dapat diambil setelah melakukan analisa dan implementasi “Sistem Informasi Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Java Server Page (Studi Kasus: Hotel)” adalah sebagai berikut :
1.         Sistem ini dapat memberikan informasi tentang Hotel sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.
2.         Sistem ini secara keseluruhan juga memudahkan admin dalam mengupdate data.
3.         Sistem ini dibangun dengan berbasis GUI (Graphical User Interface) sehingga meminimalkan kesalahan dalam hal penginputan data.
4.         Sistem dapat memberikan laporan-laporan yang berkaitan dengan reservasi.
Saran
Dari hasil analisa, saran yang dapat diberikan adalah :
1.    Sistem ini dapat dikembangkan sampai penanganan pembayaran secara online.
2.    Sistem ini dapat dikembangkan dengan memperkuat keamanan databasenya.
3.    Sistem dapat dikembangkan dengan meningkatkan fasilitas error handling yang lebih baik.


DAFTAR PUSTAKA
Jogiyanto HM., MBA., Akt., Ph.D. (2003) Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakasrta : Andi Polina, A.M, Diktat Kuliah Basis Data I Teknik Informatika Sanata Dharma, Yogyakarta, 2003.

Arja
A3.1710001
Asep Aris Munandar
A3.1600034
Dede Fitri Sahrudin
A3.1600006
Misbahudin
A3.1600045

                                             Dosen : Yopi Hidayatul Akbar M Kom

0 Komentar untuk "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RESERVASI HOTEL"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info