Perancangan Aplikasi Kampus dengan Java Netbeans dan phpMyAdmin


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini mempengaruhi kehidupan kita. Dunia pendidikan dan dunia kerja merupakan salah satu yang paling banyak memanfaatkan teknologi terutama, teknologi informasi. Teknologi informasi menyediakan proses yang cepat, tepat serta memiliki tingkat keakuratan yang lebih. Komputer salah satunya yang menjadi alat bantu yang mendukung dalam pemrosesan data dan informasi. Selain pikiran diperlukan, dalam suatu organisasi maka dibutuhkan informasi yang tepat dan akurat pula, untuk mencapai suatu tujuan.

Pengolahan data yang baik akan mempermudah suatu lembaga dalam pemantapan manajemennya, sebaliknya sistem lama yang masih lambatakan menghambat perkembangan untuk mencapai tujuannya. Pengolahandata yang cepat, tepat, akurat dan ruang penyimpanan yang besar terhadap data yang baik dapat dinilai dari sistem informasinya.

Sebagai contoh suatu lembaga akademik harus membangun database akademik, minimal memuat data mahasiswa, data dosen, data matakuliah, data jurusan dan data nilai, sehingga dapat diperoleh informasi yang tepat tentang penyelenggaran akademik lembaga  tersebut.Apabila masih dilakukan pencatatan manual maka akan memakan waktu yang lebih lama serta rentan terhadap kesalahan. Sehingga akan menyebabkan kerugian baik bagi mahasiswa maupun pihak lembaga yang bersangkutan. Komputer sebagai alat bantu pengolahan data merupakan sarana yang tepat untuk menangani hal yang bersifat rutin. Menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak ini diharapkan dapat menangani proses data yang cepat, tepat dan akurat dalam pengolahan data mahasiswa.

Dengan sistem komputerisasi ini diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik kepada pihak lembaga. Proses input dan pembuatan laporan serta informasi lainnya yang diinginkan menjadi lebih mudah.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka deierlukan pengembangan sistem. Maka dari itu penulis tertarik dengan mengangkat judul “Perancangan Aplikasi Kampus menggunakan Java Netbeans dan phpMyAdmin”.

1.2 Identifikasi Masalah 
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang ada antara lain :
a. Pengolahan data yang digunakan dimisalkan masih manual.
b. Kurang efisien penyimpanan data sehingga mudah sekali kehilangan data. 
c. Belum memiliki sistem securiti yang baik sehingga data yang dismpan mudah sekali hilang/ dicuri.
d. Kurang flexibel pembuatan laporan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat laporan.

1.3 Batasan Masalah
Mengingat kemungkinan meluasnya permasalahan maka peneliti membatasi masalah ini pada: 
a. Informasi yang di kumpulkan dan diolah dalam sistem ini terbatas pada data jurusan, data dosen, data mahasiswa, data mata kuliah, dan data nilai.
b. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java Netbeans dengan DBMS phpMyAdmin.

1.4 Perumusan masalah
Aplikasi yang akan dibuat apakah nantinya dapat menjadi alternatif sebagai alat bantu untuk menangani data – data yang ada di lembaga tersebut.


BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Java Netbeans
       Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code(bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

2.2 Syntax Aplikasi Pada Bahasa Pemrogaman Java Netbeans
1. Project Aplikasi Pada Netbeans
Gambar 2.1 Project yang dibuat pada Java Netbeans

2. Syntax Koneksi dengan Database
Gambar 2.2 Syntax Koneksi Aplikasi ke database

3. Menginisialisasikan Pada Package Dao.Service
4. Menginisialisasikan pada Package Dao.Entity
(untuk mendapatkan full resource code project silahkan unduh pada link berikut: Source Code Aplikasi Kampus)
2.3 Database
1. Aplikasi yang Digunakan adalah XAMPP.
Agar aplikasi bisa terhubung pada database maka harus mengaktifkan dahulu Apache dan MySQL. Lalu masuk ke menu admin di MySQL. Buat database sebagai berikut:
Gambar 2.3 Tampilan XAMPP
Gambar 2.4 Tampilan Tabel pada Database 'dbkampus'



BAB III
HASIL

3.1 Penggunaan Aplikasi

Cara Menggunakan aplikasi ini cukup mudah:
1. Terdapat halaman menu utama yang berisi Data Mahasiswa, Data Dosen, Data Jurusan, Data Mata Kuliah dan Data Nilai.
2. Pada masing masing menu terdapat tombol tambah, untuk menambahkan data pada database. Tombol edit untuk mengupdate data pada database apabila terdapat kesalahan atau perubahan data. Tombol hapus untuk menghapus data tersebut pada data base.
3. Untuk mengisi data cukup mengikuti form yang telah disediakan, data yang telah masuk kedalam database akan terlihat secara langsung.
4. Untuk mengedit data, data yang sebelumnya telah diisi akan ditampilkan kembali, dan dapat di ubah sesuai dengan kebutuhan, dan disimpan kembali kedalam database.
5. Untuk menghapus data, maka disarankan untuk memilih atau menklik data yang akan dihapus.
6. Pada Data Nilai, sudah terdapat perhitungan pada source code aplikasi sehingga nilai akan secara otomatis terhitung.

3.2 Tampilan Aplikasi
1. Tampilan Menu Utama

2. Menu Data Mahasiswa
a. Tambah Data Mahasiswa
b. Edit data Mahasiswa
c. Tampilan ketika tidak ada data yang di pilih ketika akan di edit atau di hapus

3. Menu Data Dosen
 a. Tambah Data Dosen
 b. Edit Data Dosen

4. Menu Data Jurusan
 5a. Edit Data Mata Kuliah
 5b. Tambah Data Mata Kuliah

6. Data Mahasiswa Setelah Nilai di input

a. Edit dan Tambah Data Nilai



BAB IV
KESIMPULAN

4.1 Kesimpulan
     Dari perancangan aplikasi ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan database itu sangat penting sekali, maka dari itu penulis dapat menyimpulkan beberapa kesimpulan diantaranya adalah sebagai berikut: 
1. Dengan menggunakan sistem database ini pengguna dapat menghemat waktu dalam penginputan, pengeditan dan pencarian data secara cepat. 
2. Tampilan/interface program dapat dipahami dengan mudah dan dimengerti oleh pengguna/user. 
3. Dengan menggunakan sistem database sebagai alat untuk memanfaatkan dan memperluas sistem informasi hasil yang maksimal dan data-data yang dibuat dapat dikerjakan secara cepat.
4. Dengan menggunakan sistem database cara pengolahan data dapat diselesaikan dengan mudah dan efisien.

4.2 Saran
    Dikarenakan tidak luput dari keterbatasan yang dimiliki, aplikasi yang dibuat masih sederhana sebatas memuat pengolahan CRUD Data Mahasiswa, Data Dosen, Data Jurusan, Data Mata Kuliah dan Data Nilai. Maka untuk lebih lanjutnya aplikasi ini dapat dikembangkan dan dilengkapi dengan modul untuk pengolahan administrasi keuangan, menu login dosen dan mahasiswa, report, pencarian dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.


DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Java
https://unindrapti.wordpress.com/2012/12/04/makalah-database/
http://www.rizaluye.com/2015/11/makalah-aplikasi-basis-data.html
https://www.slideshare.net/saniatyeva/laporan-aplikasi-perancangan-database-sederhana





Oleh: 
A2.1600027     Aulia Nurul Zahra
A2.1600007     Ahmad Maulana
A2.1600075     Hasbi Ashshiddiqi


0 Komentar untuk "Perancangan Aplikasi Kampus dengan Java Netbeans dan phpMyAdmin"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info