APLIKASI PENJUALAN TIKET BUS

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa di hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif  bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

Begitu juga dengan objek penelitian ini yaitu di PO BUS RM. Alam Sari tepatnya di Jalan Raya Cimayorr No 19 , di PO BUS ini tersedia 3 Armada yaitu Bus Pahala Kencana untuk tujuan Bandung – Denpasar dengan harga tiket Rp. 470.000,00, Bus Bandung Ekspress untuk tujuan Bandung – Solo dengan harga tiket Rp. 140.000,00, dan Bus Rajawali untuk tujuan Bandung – Jogjakarta dengan harga tiket Rp.120.000,00.

Sistem pembelian tiket bus di PO ini masih secara manual, penjualan masih menggunakan tiket yang di isi dengan tulis tangan, belum menggunakan aplikasi. Sehingga untuk waktu-waktu tertentu seperti musim mudik karyawan PO sering kewalahan melayani penumpang yang akan membeli tiket bus.

Maka dari itu untuk meringankan dan meningkatkan kinerja serta kualitas karyawan di PO Bus RM. Alam Sari, kami bermaksud untuk membuat sebuah aplikasi sederhana dengan mengguanakan bahasa pemrograman Delphi yaitu Aplikasi Penjualan Tiket.

Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat lebih meringankan pekerjaan karyawan khususnya yang bertugas di bagian pendataan dan penjualan tiketing bus di PO Bus RM. Alam Sari.


1.2    Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah pada objek penelitian kali ini yaitu :
1.    Penjualan tiket yang masih manual.
2.    Pelayanan masih lambat.
3.    Pendataan penumpang yang kurang terkontrol.
4.    Pembuatan laporan yang masih manual.


1.3    Batasan Masalah

Pada penelitian ini hanya akan membahas tentang pembuatan aplikasi untuk penjualan tiket bus.


1.4    Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari pembuatan aplikasi penjualan tiket bus ini adalah untuk membantu pekerjaan, meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan sehingga pekerjaan akan lebih mudah dan terbantu.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1    Pengertian Aplikasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52) aplikasi adalah penerapan dari rancangan sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.

Sedangkan pengertian aplikasi menurut Hengky W. Pramana adalah satu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.

Jadi kesimpulannya aplikasi adalah program siap pakai yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah-perintah dari pengguna aplikasi tersebut dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut.


2.2    Pengertian Penjualan

Definisi penjualan menurut Ikatan Akuntan Indonesia dalam Standar Akuntansi Keuangan No. 23 paragraf 2 (2009) menyatakan, “Penjualan barang meliputi barang yang diproduksi perusahaan untuk dijual dan barang yang dibeli untuk dijual kembali seperti barang dagang yang dibeli pengecer atau lainnya”.

Definisi penjualan menurut Mulyadi (2008:202), “Penjualan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penjual dalam menjual barang atau jasa dengan harapan akan memperoleh laba dari adanya transaksi-transaksi tersebut dan penjualan dapat diartikan sebagai pengalihan atau pemindahan hak kepemilikan atas barang atau jasa dari pihak penjual ke pembeli”.

Berdasarkan kedua pernyataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penjualan, khususnya penjualan barang merupakan kegiatan menjual barang yang diproduksi sendiri atau dibeli dari pihak lain untuk dijual kembali kepada konsumen secara kredit maupun tunai.

Jadi secara umum penjualan pada dasarnya terdiri dari dua jenis yaitu penjualan tunai dan kredit. Penjualan tunai terjadi apabila penyerahan barang atau jasa segera diikuti dengan pembayaran dari pembelian, sedangkan penjualan kredit ada tenggang waktu antara saat penyerahan barang atau jasa dalam penerimaan pembelian.


2.3    Pengertian Tiket Bus

Tiket merupakan suatu alat/media yang digunakan oleh perusahaan tertentu sebagai pengganti uang langsung. Tiket biasanya berupa kertas yang didalamnya terdapat item-item tertentu yang menunjukkan suatu nilai.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan tiket  adalah “sesuatu yang dianggap sebagai alat pembayaran yang digunakan oleh suatu alat transportasi yang ada”.

Tiket bus adalah merupakan karcis yang harus dimiliki sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan alat transportasi berupa bus. Didalam tiket bus tersebut kita dapat melihat jurusan, jam keberangkatan, jam tiba di tempat tujuan dan nomor tempat duduk. Tiket bus bisa diperoleh dengan cara memesan sebelum hari keberangkatan atau bisa juga dengan cara membeli langsung pada agen penjualan tiket bus pada hari keberangkatannya.



BAB III
DOKUMENTASI SISTEM

3.1    Class diagram



3.2    Usecase diagram



3.3    Sequence diagram

ADMIN
Admin signup


Admin login


Admin kelola menu utama
Admin kelola data pembeli


Admin kelola data tiket


Admin melayani pembeli


Admin mengelola transaksi


Admin membuat laporan


MANAGER
Manager login


Manager cek laporan penumpang


Manager cek laporan tiket



3.4    StateChart Diagram

ADMIN

MANAGER



3.5    Activity Diagram

ADMIN


MANAGER



3.5    Screenshoot Aplikasi

Untuk menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu harus mempunyai username dan password


Isikan username, password, dan mode, kemudian klik OK


Lalu lakukan Login dengan input username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya, kemudian klik Log In


Apabila Login berhasil maka akan langsung tampil form menu utama, tetapi apabila gagal akan kembali ke form login sehingga harus memasukkan user dan password lagi


Lakukan pengisian yang sesuai dan simpan ke database


Selanjutnya klik Form tiket untuk masuk ke Form pembelian tiket, kemudian pada Form pembelian tiket isikan data, saat mengisi jumlah beli klik hitung untuk menampilkan total bayar, lalu isikan uang pembayaran dan klik bayar. Untuk menyimpan klik simpan.



Jika sudah selesai pengisian klik menu utama, maka akana kembali ke Form menu utama klik keluar aplikasi untuk menutup aplikasi.

Selanjutnya untuk melihat laporan login kembali, pada Form menu utama klik laporan data penumpang, untuk melihat data penumpang, dan klik laporan pembelian tiket untuk melihat data pembelian tiket.


BANTUAN


 TENTANG



 BAB IV
PENUTUP

4.1    Kesimpulan

Sistem pembelian tiket bus di PO RM. Alam Sari masih secara manual sehingga kinerja kurang maksimal. Maka dari itu dibuatlah aplikasi penjualan tiket bus untuk membantu pekerjaan, meningkatkan kualitas, dan kinerja karyawan jadi pekerjaan akan lebih mudah dan terbantu.

4.2    Saran

Dengan adanya kemajuan teknologi yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan ini, sehingga kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Maka perlu penambahan kualitas untuk lebih memaksimalkan dari aplikasi yang telah dibuat.


Referensi Materi

http://bambang-zhulmega.blogspot.com/p/perkembangan-teknologi-dan-pengaruhnya.html
http://dilihatya.com/1178/pengertian-aplikasi-menurut-para-ahli
http://icl.googleusercontent.com/?lite_url=http://pdianaekadara.blogspot.com/2013/10/pengertian-aplikasi.html?m%3D1&ei=6gGsBJjn&Ic=id-ID&s=1
http://xondis.blogspot.com/2014/02/pengertian-dan-defenisi-penjualan.html

Diakses Jum’at tanggal 15 Mei 2015 pukul 10.45

DOWNLOAD PROGRAM

Disusun Oleh :

Fachrul Herdiyana (A2.1300075)
Neng Leni Marlina (A2.1300026)
0 Komentar untuk "APLIKASI PENJUALAN TIKET BUS"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info