Aplikasi Pengolah Data Rental Mobil


1.1    Latar Belakang Masalah

     Di era globalisasi sekarang semua teknologi semakin berkembang pesat. Dengan perkembangan teknologi itu pasti akan berpengaruh terhadap kehidupan di muka bumi. Pengaruh tersebut sangat dirasakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perubahan kehidupan zaman sekarang sangat drastis dibandingkan zaman dahulu.
Walaupun perubahan itu memberikan dampak yang lebih baik dari sebelumnya tetapi pasti ada dampak buruk walaupun tersirat. Perkembangan teknologi sekarang sangat mencolok pada penggunaan teknologi komputer. Dimana-mana semua pekerjaan yang dilakukan tidak ada yang tidak menggunakan komputer. Begitu juga dengan aplikasi yang dapat membantu segala macam pekerjaan manusia, sekarang sudah banyak digunakan  untuk mempermudah pekerjaannya.

     Objek yang diambil yaitu “Rental Mobil” yang belokasi di Perumahan Griya Pesona Alam Blok AA2 No A, kelurahan Rancamulya, kecamatan Sumedang Utara, kabupaten Sumedang. Rental Mobil ini menyediakan beberapa kendaraan beroda empat yang dapat disewakan kepada pelanggan dengan tarif yang berbeda sesuai kendaraan yang disewa dan lamanya penyewaan.
     Pada saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan ini membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pekerjaan pegawainya untuk pendataan penyewaan agar dapat tersusun rapi dan tidak lagi mendata dengan manual.
     Maka dari itu, dengan adanya permasalahan tersebut kami membuat sebuah aplikasi untuk menyelesaikan kesulitan yang dialami oleh pengelola Rental Mobil.

1.2    Identifikasi Masalah

     Permasalahan yang terjadi pada “Rental Mobil” ini yaitu :
1.    Pengelola rental mobil kesulitan dalam mengelola data
2.    Pelayanan lambat
3.    Pengisian pesanan yang masih manual
4.    Kesulitan mengontrol data kendaraan
5.    Kesulitan mengelola laporan

1.3    Batasan Masalah


     Pada penelitian ini kami hanya membahas tentang pengelolaan data rental, administrasi (tidak meliputi denda), dan laporan.
1.4    Tujuan dan Manfaat
  •   Tujuan
     Tujuan kami meneliti Rental Mobil di daerah Rancamulya yaitu untuk membantu perusahaan tersebut dalam mengelola data, administrasi dan laporan untuk mempermudah pekerjaan user agar dalam mengelola data tidak lagi secara manual melainkan dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi.
  •  Manfaat
     Perusahaan dapat terbantu dengan adanya aplikasi khusus untuk rental mobil sehingga semua aktivitas yang dilakukan di perusahaan tersebut menjadi relatif lebih simple, kompleks dan mudah.




BAB II
KAJIAN PUSTAKA

     Pada penelitian ini, kami mengambil objek “Rental Mobil”. Agar lebih dimengerti kami akan membahas tentang beberapa pengertian yaitu : 

2.1 Pengertian Aplikasi

     Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, aplikasi adalah komponen yang berguna melakukan pengolahan data maupun kegiatan-kegiatan seperti pembutan dokumen atau pengolahan data.
     Menurut wikipedia aplikasi (bahasa Inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna.
     Jadi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang yang berguna untuk mengolah data dengan memanfaatkan kemampuan komputer. 

2.2 Pengertian Rental Mobil (Penyewaan)

     Menurut Wikipedia penyewaan adalah sebuah persetujuan di mana sebuah pembayaran dilakukan atas penggunaan suatu barang atau properti secara sementara oleh orang lain. Barang yang dapat disewa bermacam-macam, tarif dan lama sewa juga bermacam-macam. Rumah umumnya disewa dalam satuan tahun, mobil dalam satuan hari, permainan komputer seperti PlayStation disewa dalam satuan jam.
     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sewa adalah 1 pemakaian sesuatu dng membayar uang: penjualan tidak membatalkan --; 2 uang yg dibayarkan krn memakai atau meminjam sesuatu; ongkos; biaya pengangkutan (transpor): -- rumah makin mahal sekarang; kalau kita naik helicak dr sini, -- nya mahal; 3 yg boleh dipakai setelah dibayar dng uang: mereka berekreasi ke kebun binatang dng memakai mobil --; -- beli membeli secara mencicil (mengangsur), dan sebelum terbayar lunas dianggap sbg menyewa barang bersangkutan: penempatan rumah-rumah di kompleks itu dilakukan dng -- beli atau beli kontan.
     Jadi, dapat disimpulkan bahwa rental mobil adalah penyewaan suatu barang secara sementara dan melakukan pembayaran. 

BAB III 
DOKUMENTASI SISTEM 


3.1 Class Diagram

     Class diagram atau diagram kelas adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain serta masukkan pula atribut dan operasi. Berikut adalah gambar class diagram untuk aplikasi rental mobil. 



3.2 Use Case Diagram

     Use case diagram ialah model fungsional sebuah system yang menggunakan actor dan use case. Use case adalah layanan (services) atau fungsi-fungsi yang disediakan oleh system untuk penggunanya (Henderi et al, 2008). Use Case adalah suatu pola atau gambaran yang menunjukan prilaku atau kebiasaan system. Pada use case diagran aplikasi rental ini terdapat 3 aktor yang terlibat yaitu :
1.    Pemilik
Dalam sistem ini pemilik sebagai pengecek laporan
2.    Admin
Dalam sistem ini admin sebagai pengelola database, pengelola keamanan, mengupdate informasi, melayani dan mencetak laporan.
3.    Pelanggan
Dalam sistem ini pelanggan hanya memilih kendaraan yang akan dirental dan melakukan transaksi. 



3.3 Sequence Diagram

     Sequence Diagram menggambarkan kelakuan/prilaku objek pada proses dengan mendeskripsikann waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan diterima antar objek. Oleh karena itu untuk menggambar Sequence Diagram maka harus diketehui objek-objek yang terlibat dalam sebuah proses beserta metode-metode yang dimiliki kelas yang diinstansiasi menjadi objek itu.
  • Pemilik
       Login



      Cek Laporan




  • Admin
       Login



       Kelola Database


        Kelola Keamanan



        Update Informasi


        Melayani


       Kelola Transaksi


      Cetak Laporan



  •       Pelanggan
      Login


      Pilih kendaraan


      Pesan




      Transaksi



3.4 Statechart Diagram

     State chart diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan daur hidup (behavior pattern) dari sebuah objek, dari awal objek tsb diinisialisasi sampai di-destroy. Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu obyek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang diterima.
  • Pemilik


  • Admin



  • Pelanggan




3.5 Aktivity Diagram

     Activity Diagram adalah representasi grafis dari seluruh tahapan kerja yang mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas tersebut.
  • Pemilik
Login dan Cek Laporan


  • Admin
Login





Kelola Database

Kelola Keamanan



Update Informasi



Melayani



Kelola Transaksi



Cetak laporan




  • Pelanggan
Daftar



Pilih Kendaraan



Pesan



Transaksi



3.6 Screenshoot Aplikasi

     Aplikasi yang telah di install, klik start --> all programs --> Application Rental Mobil Version 1.0 atau double klik aplikasinya di desktop maka akan tampil sebagai berikut: 



     Tampilan utama aplikasi untuk sign in



     Untuk menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu harus mempunyai username dan password agar masuk ke menu utama Rental Mobil. Isikan username, password, dan mode, kemudian klik Save, contoh :



     Untuk mode dapat di isi dengan “User atau Admin”. Admin memiliki tugas  sebagai pengelola sedangkan User sebagai pemilik/manager rental mobil. Berikut tampilan loginnya:



     Isikan username dan password kemudian klik Login. Jika login sukses makan akan tampil pesan dan klik OK




     Apabila masuk sebagai Admin akan tampil pesan “Selamat Anda Masuk Sebagai Admin”  Klik OK.
Jika  pengisian username dan password salah maka tampilan yang keluar yaitu seperti pada gambar berikut:





     Klik OK dan koreksi kesalahannya
     Jika Login berhasil form utama akan tampil seperti pada gambar berikut ini, Gambar 1 untuk User dan Gambar 2 untuk Admin. 




     User tidak dapat mengelola semua aktivitas yang ada dalam aplilkasi rental mobil, user dapat mengelola/mengecek Report, File dan Help saja. Sedangkan untuk Gambar 2 (sebagai admin) semua aktivitas yang ada dalam aplikasi rental mobil dapat dikelola.


     Jika telah tampil menu utama klik button yang akan diisi dan lakukan pengisian yang sesuai dan simpan ke database. Form pertama yang dipilih yaitu button kendaraan. Setelah selesai pengisian di Form kendaraan klik button save 


     Setelah itu dilanjutkan pada form pelanggan, di form tersebut pelanggan dapat mengisi data yaitu Id Pelanggan, No KTP, Nama, Jenis Kelamin, Umur, Pekerjaan, Alamat dan No Telp, kemudian klik button save.


     Jika data berhasil di simpan maka tampil pesan dan klik ok

     Kemudian pilih form Pesan, dimana di form tersebut mengisi data kapan pelanggan merental mobil di perusahaan tersebut seperti yang ada pada gambar berikut ini


     Terakhir lakukan pengisian di form administrasi yang di dalamnya berisi administrasi pembayaran sesuai dengan lamanya pelanggan menyewa mobil dan sesuai merk mobil yang disewa


     Klik terlebih button Proses kemudian setelah di proses klik save jika berhasil di simpan akan tampil pesan
    Jika pengisian semua form sudah selesai kemudian klik menu utama, maka menu utama akan tampil kembali karena aplikasi telah di tutup
    Untuk melihat report dari setiap form yang telah selesai di isi maka harus login kembali, seperti pada gambar dibawah ini



     Klik Report dan pilih  satu per satu report tersebut atau dapat menggunakan Shift+1  untuk report Pelanggan, Ctrl-Alt-P untuk report Kendaraan, F5 untuk report Pesan dan Shift+11  untuk report Administrasi. 
Yang pertama report Kendaraan seperti gambar berikut



Report data Pelanggan


Report data Pesan


Report data Administrasi



Untuk Help yaitu berisi help dan about.




Untuk File berisi Add admin dan Exit.







BAB IV 
PENUTUP

4.1 Kesimpulan  
   
     Sistem Rental Mobil di Perumahan Griya Pesona Alam Blok AA2 No A, kelurahan Rancamulya, kecamatan Sumedang Utara, kabupaten Sumedang masih secara manual sehingga kinerja kurang maksimal dalam mengelola data pelanggan, administrasi dan mengelola laporan. Maka dari itu dibuatlah aplikasi khusus yaitu Rental Mobil untuk membantu dan mempermudah pekerjaan  user sehinggan user  menjadi lebih mudah dan terbantu. 

4.2 Saran

     Di era globalisasi sekarang semua teknologi semakin berkembang pesat. Dengan perkembangan teknologi itu pasti akan berpengaruh terhadap kehidupan di muka bumi. Pengaruh tersebut sangat dirasakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Maka perlu penambahan kualitas dan kuantitas untuk lebih memaksimalkan dari aplikasi yang telah dibuat.


 DAFTAR PUSTAKA

http://www.lepank.com/2012/08/pengertian-aplikasi-menurut-beberapa.html
http://MAKALAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERBARU ~ DHIBEBZKY.htm
http://kbbi.web.id/sewa
http://id.wikipedia.org/wiki/Penyewaan
http://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi
Di akses tanggal 15 Mei 2015 pukul  04.12 WIB


Link aplikasi:
https://drive.google.com/file/d/0B2LZ97LdboCeMEJoUm5HUE1URE0/view?usp=sharing


Disusun oleh:
Ana Mulyana (A2.1300011)
Kartika Dewi Lestari (A2.1300031)


Teknik Informatika - IVA
0 Komentar untuk "Aplikasi Pengolah Data Rental Mobil "

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info