Aplikasi Pengolahan Data Kasir Marwah Skin Care


1.1    Latar Belakang Masalah

         Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat sekali terutama teknlogi di bidang informasi,  baik dari sisi kecepatan maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. Teknologi Informasi dan teknologi ini sangat penting sekali bagi suatu negara apalagi bagi negara yang berkembang. Di era globalisasi sekarang semua teknologi semakin berkembang pesat Perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini  juga tidak kalah pesatnya di banding dengan Negara Negara lain.
       
  Seiring perkembangan zaman teknologi informasi ini sangat berperan penting dalam tingkat kehidupan  di masyarakat suatu negara atau daerah sehingga dalam penerapannya menimbulkan dampak dan akibat. Perkembangan teknologi sekarang sangat mencolok pada penggunaan teknologi komputer. Dimana – mana semua pekerjaan yang dilakukan tidak ada yang tidak menggunakan komputer. Begitu juga dengan aplikasi yang dapat menbantu segala pekerjaan manusia, sekarang sudah banyak untuk memepermudah pekerjaanya. 

        Objek yang diambil yaitu “Aplikasi Pengolahan Data Kasir ” yang berlokasi  di Jl. Pangeran Santri No 60, Tlp (0261) 202328, Sumedang, Jawa Barat. Dan kasir tersebut membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pekerjaan pegawai lainnya untuk pengelolaan laporan dan pengelolaan data yang ada. Sehingga dibuatkan aplikasi yang  menyediakan beberapa pengolahan data untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada di tempat kasir tersebut.

1.2    Identifikasi Masalah 

         Permasalahan yang terjadi pada “Pengolahan Data Kasir” ini yaitu :
         1.    Masih kesulitan dalam mengelola data
         2.    Pelayanan lambat
         3.    Kesulitan dalam pengelolaan data barang / jasa
         4.    Pengelolaan aplikasi yang masih sederhana
         5.    Kesulitan mengelola laporan

1.3    Batasan Masalah 

            Pada penelitian ini kami hanya membahas tentang pengolahan data barang maupun jasa dan     transaksi.


1.4    Tujuan dan Manfaat

        A.    Tujuan
                  Tujuan kami meneliti permasalahan tentang pengolahan data kasir di daerah Anggrek yaitu untuk membantu perusahaan tersebut dalam melakukan pengelolaan data, transaksi dan laporan untuk mempermudah pekerjaan admin, user, manager agar dalam mengelola data tidak lagi secara manual melainkan dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi.

       B.    Manfaat
                Perusahaan dapat terbantu dengan adanya aplikasi khusus untuk pengolahan data kasir sehingga semua aktivitas yang dilakukan di perusahaan tersebut menjadi relatif lebih simple, kompleks dan mudah.


                                                                      BAB II
                                                          KAJIAN PUSTAKA

        Pada penelitian ini kami mengambil objek “Pengolahan Data Kasir”. Agar lebih dimengerti kami akan membahas tentang beberapa pengertian yaitu :

2.1 Pengertian Aplikasi
        Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community (2012:24) aplikasi adalah komponen yang berguna melakukan pengolahan data maupun kegiatan – kegiatan seperti pembuatan dokumen atau pengolahan data.

        Menurut Jogiyanto (2006:8) aplikasi adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction)   atau pernyataan (statement) yang disusun sekian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

        Menurut Wikipedia aplikasi  (bahasa inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan  kimputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang berguna untuk pengolahan data. 

2.2  Pengolahan Data

      Menurut Jogiyanto Hartono (2006:6) Data adalah bentuk yang masih mentah, belum bisa berceritra banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.
Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi, sedangkan informasi adalah hasil dari kegiatan-kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kegiatan atau peristiwa. Pengolahan data adalah bentuk pengolahan data terhadap data untuk membuat data itu berguna sesuaoi dengan hasil yang diinginkan agar dapat digunakan.
     Jadi dapatdi simpulkan bahwa pengolahan data (data proccesing) dapat dikatakan sebagai susunan atau kumpulan dari hasil kegiatan pikiran dengan bantuan tenaga atau suatu peralatan, sehingga dapat menghasilkan informasi untuk mencapai tujuan tertentu.

2.3 Pengertian Kasir
         Kasir menurut kamus besar bahasa indonesia adalah seorang pemegang  kas (uang) atau orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang. Selain istilah kasir ada juga istilah kassa, keduanya  mempunyai perbedaan. Kasir adalah orangnya dan kassa adalah tempatnya. Profesi kasir di toko retail atau minimarket adalah seseprang yang pekerjaannya menerima uang pembayaran saat pembelian produk barang atau jasa dan melakukan pengembalian uang sisa pembayaran sekaligus menyerahkan produk barang atau jasa kepada pelanggan (customer) di loket – loket kasir suatu toko, mini market, hotel,  mall atau departemen store. Selain itu, tugas kasir juga melakukan perhitungan jumlah total penjualan per hari, per minggu, ataupun perbulan serta mengenali barang yang paling laris terjual.

      Kasir adalah orang yang diberi tugas untuk  menangani keuangan suatu perusahaan. Seorang kasir juga harus memiliki interpersonal skill atau supel (mudah bergaul, berkomunikasi, dan berhubungan dengan orang lain).
Jadi, dapat disimpulkan bahwa kasir adalah seorang pemegang  kas (uang) atau orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang.  

BAB III
DOKUMENTASI SISTEM


3.1 Class Diagram
         Class Diagram adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain, serta di masukkan pula atribut dan operasi. Berikut adalah gambar pada class diagram untuk aplikasi kasir.





2. Use Case Diagram
    Use-case diagram merupakan model diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan requirement fungsional yang diharapkan dari sebuah sistem. Pada use case diagram aplikasi pengolahan data kasir terdapat 4 aktor yang terlibat yaitu :
      1. Admin
       Dalam sistem ini admin sebagai pengelola database, pengelola signup, mengelola data karyawan,  mengelola data barang/jasame dan mengelola transaksi.
     2.  User
          Dalam sistem ini user sebagai pengelola transaksi dan melakukan transaksi.
     3.  Manager
          Dalam sistem ini manager sebagai pengecek laporan.
    4.   Pelanggan
          Dalam sistem ini pelanggan hanya melakukan tranasaksi.


3.2 Sequence Diagram
      Sequence Diagram menggambarkan kelakuan/prilaku objek pada proses dengan mendeskripsikann waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan diterima antar objek. Oleh karena itu untuk menggambar Sequence Diagram maka harus diketehui objek-objek yang terlibat dalam sebuah proses beserta metode-metode yang dimiliki kelas yang diinstansiasi menjadi objek itu. 
  • ADMIN
          LOGIN




KELOLA DATABASE



SIGN UP


KELOLA DATA KARYAWAN


KELOLA DATA BARANG / JASA


KELOLA TRANSAKSI

  • USER 
          LOGIN


KELOLA TRANSAKSI


TRANSAKSI


  • MANAGER
         LOGIN



  •  CEK LAPORAN


  • PELANGGAN
         TRANSAKSI





3.3 Statechart Diagram

          State chart diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan daur hidup (behavior pattern) dari sebuah objek, dari awal objek tersebut d iinisialisasi sampai di-destroy. Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu obyek pada system sebagai akibat dari stimulans yang diterima.



  • ADMIN




  • USER


  •  MANAGER


  •  PELANGGAN



3.4    Activity Diagram             Activity Diagram adalah representasi grafis dari seluruh tahapan kerja yang mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas tersebut.

  • ADMIN
         LOGIN


KELOLA DATABASE


KELOLA SIGN UP



KELOLA DATA KARYAWAN


KELOLA DATA BARANG / JASA


KELOLA TRANSAKSI



  • USER
          LOGIN

KELOLA TRANSAKSI


TRANSAKSI

  • MANAGER
          LOGIN dan CEK LAPORAN


  • PELANGGAN
          TRANSAKSI


3.5 Screenshot Aplikasi
      Tampilan untuk Login



Tampilan untuk Menu Utama

Di bawah ini tampilan gambar untuk menampilkan Barang


Tampilan untuk menampilkan gambar Jasa

                                                                        BAB IV
                                                                     PENUTUP


4.1 Kesimpulan
          Sistem “Pengolahan Data Kasir” di Jl. Pangeran Santri No.60, Tlp (0261) 202328, Sumedang, Jawa Barat. Dalam penginputan datanya masih secara manual sehingga kinerja kurang maksimal dalam mengelola  data karyawan, mengelola transaksi dan mengelola keuangan  laporan..  Maka dari itu dibuatlah aplikasi khusus yaitu  pengolahan data kasir untuk membantu dan mempermudah pekerjaan menjadi lebih mudah dan terbantu untuk pembuatan aplikasi yang lainnya.

4.2 Saran
         Di era globalisasi ini perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat sekali terutama teknlogi di bidang informasi, baik dari sisi kecepatan maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. Pengaruh tersebu tsangat dirasakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari. Sehingga kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Maka perlu penambahan kualitas dan kuantitas untuk lebih memaksimalkan dari aplikasi yang telah dibuat.

0 Komentar untuk "Aplikasi Pengolahan Data Kasir Marwah Skin Care"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info