google.com, pub-9922355301914235, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Aplikasi Pembayaran Kredit Dan Tunai Dealer “Dicky Motor” BuahDua - Tutorial Kampus
Banner IDwebhost

Aplikasi Pembayaran Kredit Dan Tunai Dealer “Dicky Motor” BuahDua

Dealer “Dicky Motor” adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam usaha perkreditan khususnya kredit motor. System ini dibuat untuk mempermudah dalam penginputan data, seperti input data pelanggan, input data kendaraan, input data penjualan tunai dan  input data penjualan kredit. Serta melihat beberapa hasil laporan seperti laporan pelanggan, laporan kendaraan, laporan pembayaran kredit , dan laporan pembayaran tunai.
                                                                                                                                                      A. Sistem Terstruktur 

 1. Prosedur yang berjalan pada Dealer “Dicky Motor” Buahdua
Untuk menjalankan system ini pegawai yang berperan sebagai user/admin terlebih dahulu harus melakukan Login untuk kemudian melakukan proses entri data. seperti entri data pelanggan, entri data kendaraan, entri data penjualan tunai (apabila terjadi transaksi penjualan) dan  entri data penjualan kredit (apabila ada pelanggan yang melakukan pembayaran angusran kredit maka admin akan melalakukan entri data angsuran sesuai dengan angsuran yang harus dibayar oleh pelanggan), jika data berhasil maka data akan langsung terimpan di database, database yang digunakan disini adalah Microsoft Access. Admin juga bisa melihat hasil laporan dengan masuk ke form laporan. Dalam form laporan terdapat 4 laporan yaitu laporan pelanggan, laporan kendaraan, laporan pembayaran kredit , dan laporan pembayaran tunai.  Untuk melihat hasil laporan Admin hanya tinggal memilih laporan mana yang akan ditampilkan maka system akan langsung menampilkan laporan yang tersedia.

2.  Entitas yang terlibat :
     Entitas Dalam :
   a. User/Admin : berhubungan langsung dengan system dengan melakukan Login untuk kemudian memasukan data-data yang perlu dimasukan.
    b.  Pelanggan : Pihak yang melakukan transaksi dan memberikan data-data untuk diberikan kepada user/admin untuk kemudian di inputkan ke dalam sistem.
     c.    Kendaraan : Perusahaan yang memasok kendaraan (motor) kepada dealer dan memberikan data-data kendaraan yang ada untuk diberikan ke user/admin untuk kemudian di inputkan ke dalam system.
      Entitas luar :
       a.       Bank : jika pembayaran pada Bank mengalami gangguan maka akan berpengaruh pada system.
       b.        Pemilik : yang mempunyai dealer yang melihat hasil dari laporan yang dibuat admin

3.            Tabel Input, Proses, Output :



4.            Data Flow Diagram (DFD)
         a. DFD level 0

       b.  DFD level 1

Keterangan :
 Data flow Laporan yang diberikan dari data store kepada system laporan hanya satu namun mewakili ke 5 laporan, seperti laporan data pelanggan, laporan data kendaraan, lapran pembayaran tunai da laporan pembayaran kredit.

5.            Struktur Menu


6.            Perancangan Layar

         a. Form login


b. Form Menu utama


c. Form entri data pelanggan

d. Form entri data kendaraan


f. Form entri pembayaran tunai

g. Form entri Pembayaran kredit
                                          
                                                                                                                                                        B. Sistem Beroeintasi Objek 

1. Use case diagram
Dalam usecase diagram terdapat 4 aktor yaitu:
a.       User/Admin : berhubungan langsung dengan system dengan melakukan Login untuk kemudian memasukan data-data yang perlu dimasukan.
b.      Pelanggan : Pihak yang melakukan transaksi dan memberikan data-data untuk diberikan kepada user/admin untuk kemudian di inputkan ke dalam sistem.
c.       Kendaraan : Perusahaan yang memasok kendaraan (motor) kepada dealer dan memberikan data-data kendaraan yang ada untuk diberikan ke user/admin untuk kemudian di inputkan ke dalam system.

d.      Pemilik : yang mempunyai dealer yang melihat hasil dari laporan yang dibuat admin

2. Class Diagram

3. Squence Diagram 
a.       Squence diagram Login admin

b.       Squence diagram Entri data pelanggan 

c.       Squence diagran Entri data kendaraan

d.       Squence diagram pembayaran tunai

e.       Squence diagram pembayaran kredit

f.       Squence diagram membuat laporan 

4. Activity Diagram
a.       Activity diagram Login admin



b.       Activity diagram entri data pelanggan



c.       Activity diagram entri data kendaraan

d.       Activity diagram pembayaran tunai

e.       Activity diagram pembayaran kredit

f.  Activity diagram Laporan

5. Statechart diagram
a.       Statechart login admin

b.       Statechart entri data pelanggan

c.       Statechar entri data kendaraan

d.      Statechart pembayaran tunai


e.       Statechart pembayaran kredit


f.      Statechart area admin


g.       Statechart laporan


Demikian gambaran sistem yang berjalan di Dealer “Dicky Motor” BuahDua yang saya buat. Semoga bermanfaat.

Oleh : Titin Mutiarani (A2.1100158)
          TI-VIB
          STMIK Sumedang

2 Komentar untuk "Aplikasi Pembayaran Kredit Dan Tunai Dealer “Dicky Motor” BuahDua"

om boleh minta program aplikasi di atas gk buat jadi contoh/referensi tugas sekolah saya
email : kifan2504@gmail.com
makasih.

permisi boleh minta programnya? untuk referensi bahan mengajar
email saya ke dwiari051@gmail.com

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info